Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan Anti Fraud Awareness - Kolaborasi LPPI & APPI

03-10-2019
Program Pendidikan Anti Fraud Awareness - Kolaborasi LPPI & APPI

Tidak ada satu organisasi atau perusahaan di dunia ini yang bebas dari kecurangan (fraud). Selalu ada kejadian baik di unit bisnis maupun pendukung, jumlah besar atau kecil, dilakukan oleh manajemen atas atau bawah. Secara umum, konvergensi terjadinya fraud karena elemen motivasi (pressure/need), kesempatan dan pembenaran (Cressey). Oleh karena itu, organisasi – apapun bentuknya – perlu menyusun strategi anti fraud, berupa kebijakan dan prosedur, membangun kapasitas, kepedulian (awareness), sehingga dalam jangka panjang menjadi budaya anti fraud. 

Industri pembiayaan perlu memastikan bahwa perusahaan dikelola sedemikian rupa, sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Perusahaan pada dasarnya membangun strategi anti fraud sesuai dengan kebutuhannya dan regulasi. Dalam kerangka implementasi regulasi dari otoritas, Perusahaan secara berkala melakukan sosialisasi anti fraud, seraya mereviu strategi, kebijakan dan prosedur agar efektivitas penerapan anti fraud menjadi lebih baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, LPPI & APPI berkolaborasi mengadakan program pendidikan Anti Fraud Awareness, yang diselenggarakan di Kampus Bumi LPPI Jakarta, pada tanggal 2 & 3 Oktober 2019. Acara ini dibuka langsung oleh Direktur Eksekutif APPI, Bapak Susilo Sudjono.