Berita LPPI dan Liputan

Sustainable Finance

28-09-2018
Sustainable Finance

LPPI telah berkontribusi untuk turut serta mempromosikan dan meningkatkan awareness akan pentingnya penerapan Keuangan Berkelanjutan di dalam bisnis lembaga jasa keuangan. Kontribusi LPPI antara lain dalam bentuk pengembangan modul dan kurikulum, dan penyelenggaraan training bagi banking officers. Kerja sama yang telah dijalin oleh LPPI antara lain dengan The Deutsche Gesellschaftfur Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) dan International Finance Corporation (IFC).

Pada tahun 2018, LPPI telah menyelenggarakan tiga kali training di bidang Keuangan Berkelanjutan. Pada bulan April, bekerja sama dengan IFC menyelenggarakan Training Pengenalan Keuangan Berkelanjutan dengan peserta banking officers dari bank-bank syariah . Lalu pada 19-21 September 2018 bekerja sama dengan IFC dan OJK menyelenggarakan Training Analis Lingkungan Lanjutan Tingkat Intermediate di Hotel Shantika Bogor.

Secara spesifik, tujuan dari training ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kompetensi dari sumber daya manusia di industri jasa keuangan pada pentingnya perhatian kepada aspek sosial dan lingkungan hidup di dalam aktivitas pembiayaan. Bagi lembaga jasa keuangan, training ini dapat membantu memberi pemahaman akan praktik integrasi aspek-aspek tata kelola, sosial, dan lingkungan hidup ke dalam manajemen risiko bisnis lembaga jasa keuangan, serta peningkatan portofolio pembiayaan di sektor ramah lingkungan.  Peserta berasal dari Bank BUMN, Bank Swasta, dan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia.