Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Basic Risk Management PT. Bank Sulselbar

03-06-2020
Online Learning Services - Basic Risk Management PT. Bank Sulselbar

Lingkungan Perbankan cepat sekali berubah, baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan teknologi (PEST). Oleh karena itu, bank perlu mengembangkan strategi yang tepat agar dapat berselancar di atas gelombang perubahan tersebut. Kegagalan dalam membuat penyesuaian akan memberikan dampak yang tidak kecil bagi bank. Risiko yang dihadapi semakin malam semakin besar dan kompleks. Oleh karena itu, bank harus senantiasa  menerapkan manajemen risiko sesuai dengan visi-misi dan regulasi.



Salah satu aaspek penting dalam penerapan manajemen risiko dalah kompetensi SDM  di setiap level, agar mampu mengelola risiko sesuai dengan jenjangnya. Umumnya, risiko utama yang dihadapi adalah risiko operasional. Kegagalan dalam pengelolaan risiko operasional dapat merembet kepada risiko lainnya seperti risiko kredit ; risiko likuiditas ; risiko kepatuhan ; risiko strategik, dan seterusnya. Penerapan manajemen risiko operasional merupakan hal penting untuk dipahami, guna menciptakan bank yang lebih sehat dan lebih baik.

Guna mewujudkan hal tersebut, LPPI bekerjasama dengan Bank Sulselbar dalam pemenuhan kompetensi dimaksud. Program ini bertujuan untuk agar peserta mampu mengetahui dasar-dasar manajemen risiko sesuai dengan tingkat toleransi risiko bank, mengetahui budaya manajemen risiko pada setiap aktivitas bank, serta mengetahui ragam regulasi manajemen risiko bank. Program berjalan selama 1 hari dan dilaksanakan via daring menggunakan aplikasi Google Meet.