Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan Pembekalan Sertifikasi Kredit Komersial - PT. Bank BTN (Persero) Tbk.

27-01-2020
Program Pendidikan Pembekalan Sertifikasi Kredit Komersial - PT. Bank BTN (Persero) Tbk.

Kredit yang disalurkan (KYD) merupakan asset perbankan yang paling besa. KYD merupakan Aset produktif yaitu sumber penghasilan utama bank sehingga perlu untuk dikelola dengan baik.
Secara garis besar, kredit Bank BTN terbagi atas kredit perumahan dan kredit non perumahaan. Didalam kredit non perumahaan meliputi kredit konsumer dan kredit komersial.


Tahun ini pertumbuhan bisnis kredit komersial semakin membaik. Pada bulan Juni 2019, penyaluran kredit komersial Bank BTN mencapai Rp.19,97 triliun dan NPL kredit komersial sebesar 6,09% dari NPL kredit Bank BTN keseluruhan sebesar 3,32%. Hal ini menyiratkan bahwa NPL kredit komersial menyumbangkan rasio NPL tertinggi kedua setelah NPL kredit Perumahan.


Pemahaman yang memadai dan komprehensif diperlukan dalam proses penyaluran kredit komersial oleh karyawan. Sertifikasi internal dilakukan oleh Bank BTN, merupakan assesment yang dilaksanakan oleh Bank kepada pegawai untuk memastikan kembali pegawai dapat mempertahankan dan meningkatkan kompetensi teknisnya serta hasil assessment dapat digunakan perencanaan program pengembangan pegawai agar terus berkelanjutan.