Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan Project Appraisal PT. Indomobil Sukses Internasional

20-11-2019
Program Pendidikan Project Appraisal PT. Indomobil Sukses Internasional

Kredit merupakan elemen aset terbesar dalam neraca Perusahaan Pembiayaan. Kredit juga merupakan elemen pendapatan terbesar bagi Perusahaan Pembiayaan. Salah satu permasalahan yang sering timbul dalam pemberian kredit kepada calon debitur adalah bagaimana mengukur dan menilai jaminan yang diserahkan oleh calon debitur kepada Perusahaan Pembiayaan secara adil dan wajar. Dan yang terpenting adalah dalam pengikatan jaminan kredit, Perusahaan Pembiayaan harus memahami dan memperhatikan aspek-aspek yang terkait pengikatan jaminan kredit sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Agunan merupakan jaminan terakhir sumber pembayaran kewajiban debitur kepada bank. Untuk itu kualitas dari jaminan harus dapat diyakinkan dengan baik oleh bank. Kualitas agunan meliputi kepemilikan, tingkat kemudahan penjualan agunan, lokasi, jenis agunan, dan kemudahan eksekusi agunan bila akan dilakukan eksekusi agunan oleh bank.

Aspek penilaian agunan merupakan aspek awal dalam proses pengikatan agunan. Obyek yang akan menjadi agunan harus dinilai sesuai nilai pasar agunan. Penilai agunan juga harus dapat melakukan penilaian agunan secara professional dan telah sesuai dengan kaidah-kaidah dalam penilaian agunan.
Pelatihan penilaian agunan bertujuan untuk dapat melatih dan mempersiapkan karyawan bank untuk dapat melakukan penilaian berbagai agunan terutama obyek yang sering menjadi agunan bank seperti property, mesin, dan kendaraan.

Melalui pelatihan ini, karyawan bank diharapkan dapat melakukan penilaian agunan sesuai kondisi dan harga yang mendekati harga pasar agunan.