Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, December 13, 2016
Program LPPI tahun 2017 didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan...
KIPRAH
Friday, August 19, 2016
Dalam sambutannya pada upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17...
LIPUTAN KEGIATAN
Monday, March 27, 2017
Selama satu hari, tanggal 27 Maret 2017, dua BPR yaitu...
Friday, March 24, 2017
Sebanyak 30 orang pegawai BPR dari 12 BPR berbagai daerah...
Wednesday, March 22, 2017
Penyaluran kredit merupakan aktivitas bisnis guna memperoleh pendapatan yang positif...
Wednesday, August 31, 2016
Seiring dengan pelaksanaan pelatihan dasar-dasar audit dan audit teknologi informasi...
 
DARI KAMI
56 Tahun LPPI

Assalaamu’alaykum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua.  

With age comes experience”... begitulah orang bijak sering berkata. Kalimat itu seolah ingin menyimpulkan bahwa pengalaman memang akan berbanding lurus dengan usia. Begitu pula yang seharusnya terjadi pada sebuah lembaga seperti LPPI. Pengalaman yang LPPI alami selama 56 tahun akan menjadi pembeda dalam menghadapi tantangan perjalanan kedepan yang menjadi semakin tidak ringan.

Untuk menyegarkan kembali ingatan, beberapa tahun setelah kelahiran Bank Indonesia tahun 1953, dengan dukungan beberapa bank milik pemerintah dan swasta, pada tahun 1958 didirikanlah sebuah lembaga pendidikan perbankan dibawah naungan Yayasan Akademi Bank, di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Semenjak itu LPPI tak pernah berhenti mendidik dan menciptakan bankir-bankir handal yang mewarnai industri perbankan di Tanah Air.

Tahun ini, tepatnya 18 Desember 2014, LPPI memasuki usia ke-56. Usia yang dapat dikata sebagai usia matang jika dikaitkan dengan siklus hidup sebuah lembaga. Meskipun demikian, usia yang sudah melewati setengah abad itu tidak menjadi alasan LPPI untuk berhenti memperbaiki diri. Berbagai pencapaian prestasi yang baik selama ini, merupakan modal dasar yang sangat berguna bagi LPPI didalam menghadapi tantangan-tantangan dimasa depan yang semakin kompleks.

Tidak lama lagi pada akhir 2015 akan terbentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sementara, terintegrasinya Pasar Keuangan ASEAN, meskipun baru akan dimplementasikan pada tahun 2020, pengaruhnya telah terasa diindustri Keuangan Indonesia. Indonesia merupakan pasar yang besar dan menarik sehingga diperebutkan oleh pelaku bisnis di sektor keuangan di tingkat regional maupun global.

Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan berbagai ketentuan terkait landasan baru kerangka pengaturan Keuangan global, basel III. Hal ini membuat industri Keuangan perlu memahami berbagai ketentuan baru dan mempersiapkan diri mengantisipasi perubahan paradigma pengawasan makro-mikro prudensial yang akan dilakukan oleh bank sentral dan OJK. Hal ini juga mengharuskan industri Keuangan untuk segera mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional diberbagai tingkatan guna memenuhi berbagai ketentuan bank sentral dan otoritas pengawas tersebut.

Perkembangan ini turut membuat LPPI harus berubah dan menyesuaikan diri dengan situasi terkini. Sebagai lembaga yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di industri keuangan, tentu LPPI harus menjadi organisasi yang efektif dan SDM yang memiliki nilai-nilai strategis agar mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman.

LPPI telah menyusun rencana strategis 2015 – 2018 untuk mewujudkan LPPI sebagai center of leadership and ethics. LPPI tidak lagi bekerja sekedar “business as usual”, namun telah mempersiapkan, menata, dan membekali diri untuk membangun keunggulan intinya. Dan dalam rangka mempersiapkan diri sebagai “ASEAN Quality Financial Sector Training Institute”, serta menghadapi tantangan kedepan, LPPI berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pendidikan SDM industri Keuangan sehingga SDM industri keuangan mampu bersaing dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Selain itu, LPPI juga akan berperan lebih aktif lagi sebagai strategic partner bagi otoritas baik Bank Indonesia dan OJK baik untuk melakukan desiminasi dan pemahaman terhadap ketentuan, maupun menyiapkan ketersediaan sumberdaya manusia yang profesional dibidang keuangan. Penguatan strategi partnership ini akan dilakukan melalui pengembangan program baik dibidang pendidikan dan pelatihan (Training), penyediaan jasa konsultansi (Consultation and Assessment), maupun dibidang Penelitian-Pengembangan (Research and Development).

Melalui peringatan ulang tahun ke-56 ini, kami akan berupaya agar komitmen dan rencana ini dapat kami pertahankan dan kami jalankan dengan baik. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi perjalanan kami kedepan.

Selamat Ulang Tahun ke-56 LPPI dan selamat tahan baru 2015.

Wassalamu’alaykum wr. wb.

Dr. Hartadi A. Sarwono
Direktur Utama LPPI