Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Survei Produk/Jasa dan Potensi Pasar

URAIAN SINGKAT

Untuk menciptakan strategi yang tepat perlu didukung dengan pengetahuan tentang potensi pasar yang baik. Strategi yang tepat akan  mengalokasikan sumber daya perusahaan sesuai dengan produk/ jasa dan potensi pasar yang menjadi target. Untuk mendapatkan produk/ jasa dan potensi pasar yang diharapkan oleh perusahaan diperlukan penelitian yang bersifat komprehensif, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian terhadap potensi pasar secara reguler perlu dilakukan karena dalam praktek di lapangan, suatu produk/ jasa dan pasar selalu berubah-ubah, lingkungan bisnis selalu berubah, perilaku nasabah selalu berubah. Dengan data yang diperoleh dari penelitian yang tepat, dalam situasi perubahan tersebut sebenarnya banyak hal yang dapat diambil untuk menciptakan peluang pasar. Persaingan perbankan dengan produk yang hampir sama, memerlukan strategi yang didasarkan hasil penelitian lapangan agar supaya memperoleh cara pandang yang kreatif terhadap potensi pasar. Lingkup penelitian produk/ jasa dan potensi pasar akan mengidentifikasi positioning yang tepat dari suatu produk, segmen pasar dari sisi: geografis, demografis, psikografis dan behavioristik nasabah. Penelitian dilakukan dengan metode-metode: wawancara, kuesioner, focus group discussion (FGD), observasi, dan lain-lain.

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

Dengan melakukan penelitian survei produk/ jasa dan potensi pasar, maka suatu bank diharapkan dapat:

  1. Menciptakan peluang bisnis baru, dengan menciptakan produk baru ataupun pengembangan produk yang sudah ada
  2. Menempatkan dan mengalokasikan sumber daya bank  dengan tepat terhadap pasar sasaran yang dibidik
  3. Menentukan strategi yang tepat dalam memposisikan produk ke dalam hati dan benak nasabah
  4. Memperbesar dan memperluas pangsa pasar sasaran
  5. Membantu manajemen dalam mengambil suatu keputusan ekspansi bisnis bank