Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Analisis Kredit untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD)

ESENSI PROGRAM

Kredit merupakan aset terbesar bank yang bertujuan untuk pembangunan ekonomi masyarakat, daerah dan negara. Untuk menjaga kualitas kredit maka bank memerlukan sumber daya yang memiliki kompetensi baik di bidang perkreditan.

Bank Pembangunan Daerah (BPD) merupakan bank milik pemerintah daerah dan kebanggaan bagi daerah karena dapat menjadi institusi keuangan utama yang terdapat di daerah untuk membantu pengembangan ekonomi daerah. Agar BPD dapat bersaing dengan bank umum lainnya dan dapat menjadi pemimpin institusi keuangan di daerah, maka BPD perlu secara aktif untuk mengembangkan kapasitas karyawannya dalam bidang perkreditan khususnya analisis kredit. Keterbatasan akses dan informasi serta kesempatan untuk memperoleh pengetahuan mengenai perkreditan merupakan hambatan tersendiri bagi perbankan di daerah untuk mengembangkan kompetensi karyawannya di bidang perkreditan. Untuk itu, Program Belajar Jarak Jauh (PBJJ) mengenai analisis kredit untuk BPD merupakan salah satu alternatif solusi untuk mengembangkan kapasitas dan pengetahuan karyawan di bidang perkreditan.

MANFAAT

Peserta diharapkan mampu menganalisis permohonan kredit melalui berbagai pendekatan sehingga dapat memberikan rekomendasi terhadap suatu permohonan kredit dari calon debitur: ditolak, dipertimbangkan dengan beberapa syarat, atau diterima/disetujui.

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas di dalam program ini mencakup berbagai aspek penilaian kelayakan kredit, yaitu: Kode Etik Bankir Indonesia dan GCG, Dasa-Dasar Perkreditan, Dasar-Dasar Analis Kredit, Aspek Hukum Analisis Pengajuan Kredit, Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Dampak Lingkungan dalam Pemberian Kredit, Aspek Organisasi dan Manajemen, Aspek Jaminan Kredit, Pengikatan, Penutupan Asuransi, Aspek Teknis Produksi, Analisis Aspek Keuangan, Perhitungan Kebutuhan Modal Kerja, Perhitungan Kebutuhan Investasi, Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah, Risiko Kredit dan Risiko terkait lainnya.

METODE

Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PBJJ) ini berbeda dengan kursus yang biasa diberikan melalui sistem perkuliahan secara klasikal atau tatap muka. Belajar mandiri merupakan kegiatan utama. Dengan demikian, keaktifan dan kreatifitas para peserta program disertai disiplin belajar yang tinggi adalah merupakan persyaratan.

Para peserta akan mempelajari modul yang terdiri dari media cetak dan dilengkapi dengan tes formatif, kelompok belajar merupakan kegiatan belajar tambahan yang juga diperlukan.

PESERTA YANG DISARANKAN

Peserta adalah karyawan bank/lembaga keuangan non bank, yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Pendidikan minimal D3 atau lulusan SLTA dengan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun di bagian operasional;
  2. Membayar biaya program, sebelum program dimulai dengan melampirkan bukti pembayaran (bukti transfer biaya program);
  3. Melampirkan 2 (dua) lembar pas foto berwarna ukuran 3x4 cm.

 

FASILITATOR

Fasilitator terdiri dari Staf Pengajar LPPI, Pejabat Bank Indonesia, Bank Umum Milik Negara dan Bank Swasta Nasional yang ahli dalam bidang Perkreditan, dan staf professional LPPI.

DURASI

Program ini diselenggarakan selama 6 (enam) bulan dan di akhir modul dilakukan tes, yaitu: Tes Akhir Modul 1, Tes Akhir Modul 2, Ujian Komprehensif.