Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

PENYUSUNAN STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP) LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (SYB 235)

ICDIF LPPI

 

ESENSI PROGRAM

Untuk kepentingan pelayanan dan keamanan, bank syariahpun harus memiliki standard operation procedure (SOP). Jasa konsultasi ini pada dasarnya membantu bank syariah dalam merancang sistem operasi jasa bank tertentu agar memenuhi standar atau tuntutan tertentu dan menuliskannya dalam buku pedoman perusahaan. Rancangan/ pedoman ini dapat digunakan sebagai referensi pelayanan atau operasional bank syariah. Melalui program SOP ini juga dimaksudkan dapat mengoperasikan bank atau unit syariah dan mengoptimalisasikan kinerja serta meminimalisasi risiko.

 

MANFAAT

Dengan adanya pedoman standard operation procedure diharapkan bank syariah mampu melayani nasabah sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman sehingga bank mampu untuk terus bersaing. Standard Operation Procedure yang tidak pernah disempurnakan atau direvisi mempunyai risiko lambatnya operasi bank dan tidak aman dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya.

 

METODE

Penyusunan SOP lembaga keuangan syariah pada dasarnya dilakukan dengan metode bertahap yaitu mengkaji sistem prosedur operasi perbankan yang ada, membandingkan dengan best practice atau tuntutan perubahan dan akhirnya merevisi atau membuat SOP yang baru. Tahap selanjutnya adalah sosialisasi SOP baru agar dapat dipahami isinya oleh segenap pejabat terkait.

 

TIM KONSULTAN

Terdiri dari in-house concultant, principal consultant sesuai keahliannya dan praktisi industri perbankan sesuai kebutuhan jenis SOP yang diperlukan.