Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking

Retail & Micro Banking (BPRS)

Consumer Banking

Commercial Banking

Seminar

Treasury & International Banking

Service, Selling & Marketing

Legal & Sharia Compliance

Workshop

Consultancy & Assessment Center

Socialization Program

ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

PROJECT FINANCING BANK SYARIAH (SYB 250)

ICDIF LPPI


ESENSI  PROGRAM

Program ini membahas cara mewujudkan proyek-proyek besar seperti PLTU, toll road, pertambangan, integrated property complex, atau business investment project lainnya dengan berbagai kombinasi model pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Di samping itu, dibahas analisis feasibilitas proyek, risiko yang timbul dan cara-cara meminimalkan risiko.

 

MANFAAT

Para peserta diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dalam mengelola Project Financing sehingga bisa menganalisis prospek proyek dan kemungkinan keikutsertaan dalam pembiayaan syariah sesuai kebijakan dan kapabilitas bank.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas dalam diklat ini meliputi pengertian project financing, pihak-pihak yang terlibat dalam inisiasi dan pengelolaan proyek, risiko dan mitigasi risiko, analisis kelayakan proyek, model-model pembiayaan syariah yang dapat dipakai, seperti: pola pembiayaan syirkah, mudharobah muqoyadah, mudharobah ghoiru muqoyadah, ijaroh, rahn, istisna, dan lainnya, serta studi kasus project financing.

 

METODE

Sebagian besar program diisi dengan pembahasan studi kasus, baik project financing yang ada di dalam negeri maupun yang terjadi di negara lain. Di samping itu juga dijalankan metode: lecturing, dan experiences sharing.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Pejabat pembiayaan di bank syariah (account officer, pejabat anggota pemutus pembiayaan, pejabat administrasi pembiayaan) terutama yang sedang, sudah, dan atau akan terlibat dalam pembiayaan segmen pasar komersial dan atau corporate, dan atau mengelola pembiayaan di sektor power plant, toll road, oil and gas, dan infrastruktur lainnya.

 

FASILITATOR

Para praktisi perbankan, pejabat publik yang terkait dengan project financing, dan faculty LPPI.

 

DURASI 

Program dilaksanakan dalam 3 (tiga) hari dan diselenggarakan sekali dalam setahun.