Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

ANTI PENCUCIAN UANG DAN PENCEGAHAN PENDANAAN TERORISME (APU PPT)

ESENSI PROGRAM

Pelatihan ini merupakan penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) yang wajib dilakukan oleh seluruh industri perbankan dan industri keuangan non-bank di Indonesia. Program pelatihan ini akan membahas mulai dari rezim APU-PPT di Indonesia, penegakan hukum sampai dengan penerapannya dalam industri keuangan bank dan industri keuangan non-bank.

 

MANFAAT

Peserta diharapkan mampu menerapkan pengetahuan, skill dan attitude yang memadai dalam mengidentifikasi transaksi yang mencurigakan dan cara mengatasinya serta melakukan proses pelaporan sesuai ketentuan dari otoritas jasa keuangan.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas meliputi namun tidak terbatas pada rezim APU-PPT di Indonesia, program APU-PPT termasuk penerapan prinsip mengenali pengguna jasa, tipologi tindak pidana pencucian uang (TPPU), perlindungan saksi dan pelapor, kewajiban pelaporan (transaksi keuangan mencurigakan, transaksi keuangan tunai dan transaksi transfer dana), serta aspek hukum tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme.

 

METODE

Program ini diselenggarakan secara klasikal dengan kombinasi metode: ceramah, tanya jawab, diskusi dan studi kasus.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Seluruh pejabat/ staf dan pegawai industri keuangan bank/ industri keuangan non-bank, terutama pegawai yang belum pernah mendapatkan pelatihan mengenai penerapan program APU-PPT.

 

FASILITATOR

Pelatihan akan dipandu oleh fasilitator yang menguasai bidangnya secara konseptual dan praktikal dengan berbagai latar belakang seperti profesional, praktisi, akademisi staf profesional LPPI, PPATK, dan Bank Sentral.

 

DURASI

Program dilaksanakan 2 (dua) hari secara intensif.