Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

CONSUMER LOAN PORTFOLIO MANAGEMENT

ESENSI PROGRAM

Consumer loan adalah salah satu jenis kredit yang menjadi sumber pendapatan bunga yang besar bagi bank. Tingkat risikonya cukup tinggi, sehingga kredit jenis ini juga memberikan tingkat return yang tinggi. Meskipun demikian, kredit konsumer memiliki kelebihan antara lain relatif tidak terpengaruh secara signifikan oleh kondisi makro ekonomi. Dengan pengelolaan portofolio consumer loan yang baik, maka bank diharapkan mampu meningkatkan pendapatan bunga sekaligus memenangi persaingan dalam pasar consumer loan.

 

MANFAAT

Peserta diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengelola consumer loan yang merupakan pangsa pasar baru maupun existing portofolio. Program ini memberikan strategi-strategi aplikatif dalam pengelolaan portofolio kredit, baik dari sisi bisnis maupun risiko, sehingga peserta dapat meningkatkan portofolio consumer loan sekaligus menjaga tingkat risiko sesuai risk appetite-nya.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas meliputi: best practice strategi, kebijakan, sistem dan prosedur pengelolaan portofolio consumer loan, pengelolaan data portolio, risiko konsentrasi portofolio serta mitigasinya.

 

METODE

Program ini diselenggarakan secara klasikal dengan menerapkan metode: studi kasus, diskusi, dan ceramah.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Pejabat yang menangani perkreditan khususnya kredit konsumer, pejabat back office yang menangani adminstrasi kredit termasuk pemelihara dokumen-dokumen jaminan kredit konsumer, dan senior officer yang relevan.

 

FASILITATOR

Pengajar dan pembicara pada pelatihan ini adalah praktisi bankir senior yang menjalankan kebijakan operasi bank dan para fasilitator senior lainnya.yang kompeten di bidangnya dan telah berpengalaman baik secara teori maupun praktek.

 

DURASI

Program dilaksanakan 3 (tiga) hari secara intensif.