Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

MANAGING CREDIT RISK IN TREASURY PRODUCTS AND DERIVATIVE INSTRUMENTS

ESENSI PROGRAM

Dalam pengelolaan bank, treasury memegang peranan penting terutama dalam menjaga likuiditas, untuk itu treasury harus dapat mengelola pasar, suku bunga, dan risiko-risiko operasional secara efektif. Dalam pengeloaan risiko, pejabat dan praktisi treasury harus dapat mendayagunakan seluruh instrumen pendanaan dan lindung nilai (hedging) untuk merespon perubahan neraca dan skenario pasar, terutama apabila terjadi default atau gagal bayar atas instrumen treasury yang dimiliki bank. Pada akhirnya diharapkan peserta dapat mengelola serta meminimalisir risiko kredit dalam produk-produk treasury dan produk turunan (derivatives).

 

MANFAAT

Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan dapat memahami: konsep dasar risiko kredit dalam aktivitas treasury dan produk-produk derivatif, metodologi pengukuran risiko kredit, penetapan kredit limit untuk aktivitas treasury, dan Basel II regulatory framework untuk risiko kredit.

 

ESENSI MATERI

Pada kursus ini akan dibahas materi-materi mengenai: identifikasi, pengukuran, pengelolaan, dan pengawasan risiko kredit dalam produk treasury dan derivatifnya, teknik hedging dan mitigasi risiko pada produk treasury, proses dan pengawasan internal pengelolaan risiko kredit treasury, kerangka regulasi pada produk treasury dan derivatifnya.

 

METODE

Diselenggarakan secara klasikal dan dilengkapi dengan studi kasus.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Mereka yang saat ini ditempatkan pada satuan kerja manajemen risiko, treasury, auditor internal, analis kredit serta lending officers.

 

FASILITATOR

Para fakulti senior LPPI serta praktisi bank yang kompeten di bidangnya.

 


DURASI

Program dilaksanakan 3 (tiga) hari secara intensif.