Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

RISK BASED AUDIT

ESENSI PROGRAM

Dengan berjalannya waktu seiring kemajuan teknologi dan dinamika masyarakat, paradigma audit intern dalam organisasi juga ikut berubah. Dari awal pendekatan financial audit berbasis kepatuhan (compliance), berkembang ke audit kinerja (performance), dan pada saat ini audit intern berbasis risiko (risk based audit) merupakan strategi audit yang dianggap paling efektif. Oleh karena itu keberadaan internal auditor yang kompeten melaksanakan audit berbasis risiko telah menjadi kebutuhan utama Satuan Kerja Audit Intern (SKAI) dalam menjalankan fungsi pengawasan intern bank. Penghematan waktu, tenaga dan biaya dalam proses audit namun dengan hasil yang maksimal merupakan pilihan yang tepat. Kompetensi internal auditor dengan pilihan metode audit langsung ke sasaran sangat dibutuhkan dunia perbankan saat ini.

 

MANFAAT

Peserta diharapkan tidak hanya mampu melakukan audit intern secara prosedural, namun juga mampu melakukan pilihan sasaran melalui deteksi risiko yang ada dan atau yang akan ada pada setiap bidang kegiatan operasional bank sehingga pelaksanaan audit yang efektif dapat dilaksanakan secara efisien pula.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas meliputi fungsi audit intern dengan paradigma baru sebagai mitra manajemen, berbagai regulasi terkini keberadaan audit intern bank, perencanaan sampai dengan pelaporan dan pemantauan tindak lanjut hasil audit berbasis risiko. Termasuk pula pemahaman mendeteksi key risk indicators dan risk self-assessment.

 

METODE

Program pendidikan dilaksanakan secara klasikal dengan metode ceramah, simulasi kegiatan akuntansi, diskusi kelompok, pembahasan studi kasus.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Peserta yang disarankan adalah pejabat atau staf bank yang sekurang-kurangnya telah memahami audit intern bank baik yang telah menjabat sebagai internal auditor maupun yang diproyeksikan untuk menjadi internal auditor.

 

FASILITATOR

Staf pengajar profesional LPPI dan praktisi perbankan yang kompeten dalam bidang audit.

 

DURASI

Program dilaksanakan 4 (empat) hari secara intensif.