Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


General Banking Academy

Retail Banking Academy

Consumer Banking Academy

International Banking Academy

Treasury Banking Academy

Investment Banking Academy

Risk Management Academy

Service, Selling & Marketing Academy

Plan, Audit, Information Technology & Accounting Academy

Central Bank & Supervision Academy

Human Resource Development and Leadership Academy

VERIFICATOR FOR CREDIT CONSUMER

ESENSI PROGRAM

Proses analisis kredit merupakan tahap yang sangat penting dalam proses pemberian kredit, karena hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan komite kredit. Agar hasil analisis dapat memberikan gambaran yang benar dibutuhkan data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini bisa diperoleh jika verifikator kredit dapat menjalankan fungsinya secara efektif. Program pelatihan Verificator for Consumer Credit diharapkan dapat membantu bank dalam mempersiapkan seorang verifikator kredit konsumen yang handal dan kompeten serta memiliki keahlian dalam bidang verifikasi data dan informasi dari debitur, sehingga data dan informasi yang didapatkan akurat dan berkualitas. Dalam penggalian informasi tersebut terdapat serangkaian tahapan yang harus dilakukan antara lain: identifikasi data dan informasi, teknik penggalian data, pengecekan/ verifikasi data, survei data sampai dengan melakukan pengecekan data secara langsung (site visit).

 

MANFAAT

Para peserta diharapkan mampu melakukan verifikasi secara efektif atas data dan informasi yang berkaitan dengan segmen kredit konsumen, sehingga data dan informasi tersebut dapat dianalisis oleh analis kredit untuk menghasilkan kredit yang berkualitas.

 

ESENSI MATERI

Materi yang dibahas antara lain: analisis preliminary, overview lingkungan bisnis konsumer, analisis risiko bisnis dan industri, understanding financial reporting, verifikasi financial reporting, teknik komunikasi, teknik negosiasi, credit survey and analysis, analisis keuangan (non-fixed income), identifikasi risiko keuangan dan pengecekan data.

 

METODE

Program ini diselenggarakan secara klasikal dengan metode ceramah, diskusi, site visit, dan presentasi kelompok.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Pegawai bank yang tugasnya berkaitan dengan kredit konsumen khususnya posisi verificator.

 

FASILITATOR

Fasilitator  dalam pelatihan ini adalah para pengajar yang memiliki kompetensi dan pengalaman dalam bidang verifikasi kredit konsumen.

 

DURASI

Program dilaksanakan 2 (dua) hari secara intensif.