Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Sjaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dawin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

COURSE ON ISLAMIC BANKING & FINANCE FOR ASIA - MIDDLE-EAST DIALOGUE (AMED) MEMBER COUNTRIES, JAKARTA, INDONESIA (SYB 217)

ICDIF LPPI

 

PENGANTAR

Perkembangan perbankan dan keuangan Islam mengalami kemerosotan tahun 1980-an, industri ini pada mulanya hanya sebagai industri kecil tetapi berpotensi untuk berkembang. Dari industri pinggiran, selama beberapa waktu industri ini berkembang menjadi bisnis besar yang meliputi jasa perbankan, insuransi, dan kegiatan pasar modal. Terlebih lagi, industri perbankan dan keuangan Islam berkembang sangat cepat di dunia dan menawarkan berbagai produk dan pelayanan keuangan dengan aset mencapai USD. 1,3 triliun. Pertumbuhan yang semakin tinggi ini diiringi dengan pendirian 620 Institusi Keuangan Syariah yang beroperasi di lebih dari 75 negara dan munculnya pemain baru bukan hanya dari negara-negara Muslim tapi juga non-Muslim, seperti Inggris, Jerman, Australia, Hongkong, Singapura. International Center for Development in Islamic Finance (ICDIF), bekerja sama dengan Bank Indonesia/ OJK dan Kementerian Luar Negri, dengan bangga menyelenggarakan Course on Islamic Banking and Finance yang membahas tentang karakteristik penting keuangan syariah. Seminar ini merupakan kelanjutan dari Course on Islamic Banking and Finance yang sebelumnya telah diselenggarakan dua kali di Jakarta pada bulan November 2009 dan Oktober 2010 sebagai bagian dari Executive Plan Action for Cooperation di antara Negara-negara Asia Middle East Dialogue. Seminar ini diharapkan memberikan pengetahuan kepada peserta tentang dasar-dasar sistem perbankan dan keuangan syariah beserta pemahaman yang luas tentang subjek tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan institusi yang bersangkutan.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti seminar ini, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Filosofi dan konsep transaksi perbankan dan keuangan syariah;
  • Pengoperasian bisnis perbankan dan keuangan syariah, termasuk asuransi dan pasar modal;
  • Peran pemerintah dalam mengembangkan industri perbankan dan keuangan syariah.

 

METODOLOGI

Seminar ini sangat interaktif, melibatkan persentasi, ceramah, kunjungan lapangan dan diskusi. Peserta diharapkan berpartisipasi aktif sehingga memperoleh benefit yang maksimal dari seminar tersebut.


PESERTA

Seminar ini bermanfaat untuk semua yang berminat mendalami transaksi perbankan dan keuangan syariah dan untuk manajer investasi yang berhubungan dengan produk perbankan dan keuangan syariah. Seminar ini juga bermanfaat bagi regulator perbankan dan keuangan. Mengingat kapasitas yang terbatas, hanya 40 kandidat yang dapat mengikuti seminar ini berdasarkan first come first serve basis.

 

NARA SUMBER

Instruktur untuk seminar ini adalah praktisi dan pakar teknis dan juga regulator dari Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, berpengalaman baik di Indonesia maupun secara internasional.

 

STRUKTUR PROGRAM

Program ini diadakan dalam waktu 3 hari secara intensif dan 1 hari kunjungan lapangan.


MATERI

  1. Regulasi Perbankan dan Keuangan Syariah di Indonesia
  2. Dasar-dasar perbankan dan keuangan syariah
  3. Pendanaan dalam Bank Syariah
  4. Pembiayaan Bank Syariah
  5. Fee-Based Services of Islamic Bank
  6. Manajemen Resiko Bank Syariah
  7. Manajemen Dana & Akuntansi dalam Bank Syariah 
  8. Asuransi Syariah
  9. Pasal Modal Syariah
  10. Surat Obligasi Syariah Negara (SUKUK)

 

PEMBICARA

  1. Bank Indonesia
  2. Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia
  3. Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  4. Dewan Syariah Nasional, Indonesia
  5. Bank Umum Syariah, Indonesia
  6. Asosiasi Insuransi syariah, Indonesia

 

TEMPAT

Kampus LPPI, Jl. Kemang Raya No.35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia.


Lainnya :