Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


ICDIF Terus Tingkatkan Mutu dan Kualitas Program

International Center for Development in Islamic Finance Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (ICDIF LPPI) sebagai lembaga yang didirikan oleh Bank Indonesia sejak 2008 yang lalu terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan menyiapkan Sumber Daya Insani bagi industri perbankan & keuangan syariah. Sejak berdirinya s.d. tahun 2013, tercatat ICDIF LPPI telah mendidik sekitar 17.052 orang SDI perbankan & Keuangan Syariah.


ICDIF LPPI terus berupaya untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan juga konsultasi perbankan & keuangan syariah untuk dapat menghasilkan SDI perbankan syariah yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan serta konsultasi yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan industri perbankan & keuangan syariah tanah air.

 

Peningkatan mutu dan kualitas program tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi ICDIF LPPI untuk menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan Syariah yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Hal ini juga merupakan langkah ICDIF menuju Go ASEAN for Syariah.

 

Rizal A. Djaafara

Direktur International Center for Development in Islamic Finance

(ICDIF - LPPI)

Hubungi Kami

ICDIF (International Center for Development in Islamic Finance) LPPI

Telp : (62-21) 71790919, 71792012 

Fax : (62-21) 7195411

Hastari Andriyani | Ext. 326

M. Nur Mahri | Ext. 284

Farida Tyas Styaningrum | Ext. 284

Adrian Budiman | Ext. 321

Dahwin Feri Harahap | Ext. 321

Abu Bakar | Ext. 321

Sri Astuti | Ext. 321

 


 

E-mail: icdiflppi@gmail.com

COURSE ON FINANCING SCHEME IN ISLAMIC BANKING & FINANCE FOR ASIA - MIDDLE-EAST DIALOGUE (AMED) MEMBER COUNTRIES JAKARTA, INDONESIA (SYB 218)

ICDIF LPPI


PENGANTAR

Selama bertahun-tahun, industri perbankan dan keuangan syariah telah mengalami perkembangan bisnis yang signifikan dari sisi produk dan pelayanan. Baru-baru ini, industri keuangan syariah global menawarkan variasi produk keuangan global yang mutakhir dengan aset mencapai USD. 1,3 triliun. Inovasi dan pengembangan lebih lanjut terus dilakukan untuk menarik pemain baru tidak hanya dari negara-negara Muslim tapi juga dari negara-negara non-Muslim, seperti Inggris, Jerman, Australia, Hongkong, dan Singapura. Hal ini didukung oleh kemunculan lebih dari 620 Institusi keuangan Islam yang beroperasi di 75 negara  yang cenderung akan mendorong perkembangan industri perbankan dan keuangan syariah ke titik yang lebih tinggi. Menilik pencapaian ini, International Center for Development in Islamic Finance (ICDIF), bekerja sama dengan Bank Indonesia/ OJK dan Kementrian Luar Negeri, dengan bangga menyelenggarakan Course on Financing Scheme in Islamic Banking & Finance. Seminar ini adalah lanjutan dari seminar basic: Course on Islamic Banking and Finance, dan telah di laksanakan di Jakarta pada bulan November 2010. Peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari lebih dalam tentang skema pembiayaan dalam sistem perbankan dan keuangan syariah, meliputi aspek manajemen keuangan syariah secara umum dan spesifik. Setelah mengikuti seminar ini, peserta akan mendapatkan pengenalan komprehensif mengenai:

  1. Filosofi dan Konsep Keuangan Islam;
  2. Tipe-tipe Produk Pembiayaan Obligasi Syariah termasuk implementasi produk, analisis pembiayaan, dan manajemen resiko. Selain itu, topik ini akan membahas pemahaman tentang kontrak syariah dalam pembiayaan syariah;
  3. Produk dan Struktur Pembiayaan Ekuitas Syariah termasuk implementasi produk, analisis pembiayaan dan manajemen resiko;
  4. Sindikasi dan Implementasi Proyek Pembiayaan Syariah;
  5. Struktur dan Fitur Surat Obligasi Syariah Negara  (SUKUK)  dari perspektif investor dan issuer.

 

METODOLOGI

Seminar akan sangat interaktif, melibatkan presentasi, ceramah, kunjungan lapangan dan diskusi. Peserta diharapkan untuk aktif berpatisipasi agar mendapatkan benefit maksimum dari seminar

 

PESERTA

Seminar ini bermanfaat untuk semua yang berminat mendalami transaksi perbankan dan keuangan syariah dan bagi manajer investasi yang berhubungan dengan produk perbankan dan keuangan syariah. Seminar ini juga bermanfaat bagi regulator perbankan dan keuangan.

 

NARA SUMBER

Instruktur untuk seminar ini adalah praktisioner dan pakar teknis dari Indonesia dan international, begitu juga regulator dari Bank Indonesia/ OJK.

 

STRUKTUR PROGRAM

Program ini diadakan dalam waktu 3 hari secara intensif dan 1 hari kunjungan lapangan.

 

MATERI PROGRAM

  1. Overview Produk Perbankan Syariah
  2. Regulasi Bank Indonesia/ OJK tentang Pembiayaan Syariah
  3. Produk pembiayaan Obligasi (Berbasis-Aset)
  4. Produk Pembiayaan Ekuitas
  5. Sindikasi dan Pembiayaan Proyek 
  6. Struktur Surat Obligasi Negara (SUKUK)

 

PEMBICARA DARI

  1. Bank Indonesia
  2. Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia
  3. Kementrian Keuangan Republik Indonesia
  4. Dewan Syariah Nasional, Indonesia
  5. Bank Umum Syariah, Indonesia
  6. Asosiasi Insuransi Syariah, Indonesia

 

TEMPAT

Kampus LPPI, Jl. Kemang Raya No.35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia.