Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Asesmen Kenaikan Pangkat/Jabatan

URAIAN SINGKAT

Guna memotivasi setiap pegawai dalam suatu perusahaan, maka harus ada jenjang karir kepangkatan yang jelas. Agar setiap pegawai mendapat kesempatan yang sama dalam memperebutkan posisi di atasnya, maka sistem kenaikan pangkat/ jabatan harus ditata sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Untuk penggalian informasi kompetensi pegawai secara fair, tentunya diperlukan pihak yang independen,  sehingga dapat meminimalisasi unsur subyektivitas yang pada akhirnya dapat membantu perusahaan mencapai tujuan secara optimal.

LPPI sebagai salah satu lembaga yang independen, dapat membantu melaksanakan  asesmen guna menentukan SDM yang lebih layak menempati jabatan tertentu ataupun mendapatkan kesempatan untuk naik jabatan.

MANFAAT

Dengan melakukan asesmen kenaikan pangkat/ jabatan, diharapkan para pegawai termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya, karena pegawai yang mempunyai potensi lebih baik akan menempati jabatan yang lebih tinggi.

ESENSI MATERI

Asesmen meliputi hard dan soft kompetensi (disesuaikan dengan level/ pangkat yang akan dituju). Pada dasarnya hard kompetensi untuk mengukur pengetahuan kandidat sedangkan soft kompetensi untuk menilai aspek karakteristik atau perilaku kandidat.

METODE SELEKSI

Agar tujuan asesmen kompetensi dapat berjalan secara efektif, maka metodologi yang digunakan adalah:

  • Untuk hard kompetensi digunakan soal-soal dalam bentuk mutliple choice dan kasus/ disesuaikan dengan level/ pangkat yang dituju
  • Untuk soft kompetensi digunakan kuesioner individu, diskusi kelompok dan break event interview
  • Untuk level-level tertentu kandidat diminta untuk membuat makalah terlebih dahulu

TIM ASSESSOR

Terdiri dari para spesialis bidang perbankan dan keuangan, serta para psikolog yang berpengalaman. 

DURASI

Seluruh kegiatan asesmen akan selesai dalam waktu 1 (satu) bulan (di luar penyusunan makalah untuk level-level tertentu).