Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Asesmen Pegawai Lama

URAIAN SINGKAT

Sebagai kelanjutan program pendidikan dan peningkatan kompetensi pegawai  bank  perlu dilakukan penggalian atau pengukuran tentang kompetensi para peserta melalui kegiatan assessment. Bank perlu memetakan pegawai pegawainya sesuai dengan rencana pengembangan SDM.  Melalui sesmen pegawai lama, bank memperoleh informasi perihal kapasitas pegawai  dan potensinya. Dengan adanya informasi dan saran dari lembaga yang independen, bank dapat melakukan peningkatan kualitas pegawai melalui program pendidikan yang sesuai. Setelah pendidikan, diperoleh pegawai yang lebih baik dengan kompetensi yang meningkat dan sesuai dengan jabatan serta  pengembangan karier yang bersangkutan. Penempatkan pegawai yang sesuai antara kompetensi yang dimilikinya dengan jabatan yang tepat, tentunya akan sangat membantu perusahaan untuk berkinerja optimal.  Untuk itu diperlukan suatu lembaga profesional (LPPI) untuk menjaga independensi, transparansi, fairness dan akuntabilitas proses assessment. LPPI memiliki metodologi, teknologi dan keahlian yang mampu melaksanakan proses assessment SDM sehingga mendapatkan kesesuaian antara persyaratan jabatan dengan kompetensi individu (job person match).

 

MANFAAT

Dengan melakukan assessment ini diharapkan diperoleh pegawai yang sesuai antara persyaratan jabatan dan kompetensi individu sehingga the right man on the right place benar-benar terwujud secara obyektif dan independen. Bank dapat mengembangkan karier yang bersangkutan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

 

ESENSI MATERI

Seleksi meliputi hard dan soft kompetensi. Seleksi hard kompetensi  adalah untuk mengukur pengetahuan kandidat dalam hal pengetahuan tentang teknis, sedangkan soft kompetensi adalah untuk menilai aspek karakterisitik atau perilaku kandidat berupa kuisioner individu, pembahasan kasus dan wawancara, sehingga diperoleh informasi terhadap kandidat tersebut  ”tidak sesuai”, ”kurang sesuai”, ”sesuai” dan ”sangat sesuai” untuk ditempatkan sebagai staf.

 

METODE SELEKSI

Agar pelaksanaan assessment atau identifikasi kompetensi di atas berjalan secara efektif, maka digunakan metodologi melalui tahapan sebagai berikut: untuk hard kompetensi digunakan soal-soal dalam bentuk multiple choice, sedangkan untuk soft kompetensi digunakan: kuisioner individu, diskusi kelompok dan break event interview.

 

TIM ASSESSOR

Terdiri dari para spesialis bidang perbankan dan keuangan, serta para psikolog yang berpengalaman.

 

DURASI

Seluruh kegiatan membutuhkan waktu 3 (tiga) minggu, tergantung jumlah pegawai yang di ases.