Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


ASPEK HUKUM DAN MANAJEMEN RISIKO DALAM COLLECTION

ESENSI PROGRAM

Collection merupakan tindakan akhir yang dilakukan oleh hampir semua lembaga keuangan (khususnya bank dan perusahaan pembiayaan) dalam rangka penyelamatan aset/ kredit yang diberikan kepada debitur. Dalam collection terdapat berbagai konsep, terminologi maupun prosedur yang wajib dipahami dan dipatuhi oleh pihak yang melakukan tindakan collection. Aspek hukum dan manajemen risiko merupakan “rambu-rambu” yang wajib dipahami dan dipatuhi oleh collector agar tidak terjadi risiko gagal bayar.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti program pelatihan ini para peserta diharapkan akan mampu untuk memahami prosedur mitigasi risiko “gagal bayar” dan pelanggaran hukum dalam collection.

 

ESENSI MATERI

Materi yang akan dibahas meliputi: dokumen administrasi dalam pembiayaan, jenis-jenis jaminan dan pengikatannya, masalah-masalah hukum dalam praktek collection, manajemen risiko dalam collection, pengelolaan collection, cara penagihan yang efektif, cara penagihan piutang bermasalah, serta praktek penarikan barang tunggakan di lapangan.

 

METODE

Program pelatihan ini akan dilaksananakan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi: ceramah,  studi kasus dan diskusi.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Karyawan lembaga keuangan (bank atau perusahaan pembiayaan) yang bertugas menangani kegiatan collection.

 

FASILITATOR

Para akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya.

 

DURASI & JADWAL

Program ini akan berlangsung selama 2 hari secara intensif.