Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


PERENCANAAN PENSIUN

ESENSI PROGRAM

Masa pensiun merupakan suatu situasi atau kondisi yang ditandai dengan menurunnya produktivitas seseorang. Penurunan produktivitas dimaksud akan turut serta mempengaruhi tingkat kesejahteraan pada usia pensiun. Untuk mengantisipasi penurunan tingkat kesejahteraan pada masa pensiun, maka diperlukan suatu program perencanaan dan persiapan pensiun yang dapat merencanakan dan mempersiapkan kebutuhan pada masa pensiun. Melalui program ini diharapkan dapat terciptanya kontinuitas income yang berkesinambungan bagi seorang karyawan pada masa pensiunnya.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti program pelatihan ini para peserta diharapkan akan mampu untuk: memahami dan menjelaskan arti pentingnya perencanaan pensiun hari tua, serta mampu mengidentifikasi, menganalisa dan merancang kebutuhan pensiun.

 

ESENSI MATERI

Materi yang akan dibahas meliputi: pentingnya perencanaan hari tua, kesalahan umum dalam menghadapi masa pensiun, tujuan program pensiun, rancangan persiapan dana pensiun, mempersiapkan dana pensiun sendiri, dan menghitung kebutuhan dana pensiun.

 

METODE

Program pelatihan ini akan dilaksananakan secara klasikal dengan menerapkan kombinasi: ceramah,  studi kasus dan diskusi.

 

PESERTA YANG DISARANKAN

Karyawan perusahaan dan pegawai yang bertugas di unit kerja pengelolaan dana pensiun.

 

FASILITATOR

Fasilitator pada program pelatihan ini terdiri dari akademisi dan praktisi yang berkompeten di bidangnya.

 

DURASI & JADWAL

Program ini akan berlangsung selama 2 hari secara intensif.