Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Fakulti

(disusun menurut abjad)

 1.   Anda Darusman

Anda Darusman

Asisten fakulti lulusan Indonesia Banking School dengan predikat cum laude, berpengalaman sebagai fasilitator/konsultan bidang manajemen risiko, sistem keuangan dan perbankan, treasuri, dan Branch and Bank Simulation Program. Aktif dalam program konsultasi dan riset serta delegasi LPPI di bidang urusan luar negeri. Saat ini menjabat sebagai analis Quality Assurance LPPI.

 2. 
 Chamida

Chamida Nurhidayati

Fakulti senior yang telah berpengalaman sebagai praktisi bank BUMN selama puluhan tahun dan fasilitator/konsultan di bidang perbankan internasional, keuangan perdagangan, produk dan jasa perbankan, dan  perbankan syariah.

3.  Dwi Prastowo

Dwi Prastowo Darminto, Drs, MM Akt, CPMA

Fakulti senior yang berpengalaman sebagai fasilitator/konsultan/praktisi di bidang keuangan, akuntansi, budgeting, dan audit. Memiliki sertifikat komisaris bank perkreditan rakyat, Certified Professional Management Accountant (CPMA), dan sedang mengikuti sertifikasi Registered Financial Planner (RFP). Saat ini menjadi komisaris BPR dan konsultan keuangan. Penulis buku Laporan Keuangan dan Laporan Keuangan Hotel.

 4.  Elis Mudjiwati

Elis Mudjiwati, Ir, MSc

Fakulti senior yang telah berpengalaman sebagai fasilitator/konsultan di bidang perbankan internasional, perdagangan internasional, bank koresponden, wealth management, treasuri, bank devisa, dan project finance - green financing. Memiliki sertifikat manajemen risiko bank dan perbankan umum. 

5.  Haryo

Haryo Prasetyo Harsono 

Memperoleh gelar master di bidang human capital management, Universitas Padjadjaran. Mengikuti banyak pelatihan di Universitas Kentucky, Performance Resources Management (PRO) USA, Langevin Learning Service - USA, dan General Banking LSPP. Berpengalaman sebagai manajemen puncak di bank BUMN, khususnya membidangi pengembangan SDM dan insani. Fakulti senior LPPI dengan keahlian di bidang leadership dan human capital management. Sekarang menjabat sebagai salah satu Kepala Divisi di LPPI.

6.  Helda

 

Dr. Helda Rahmi Sina, Lc, MA 

Berpengalaman sebagai fasilitator/konsultan dan pembicara di bidang perbankan dan lembaga keuangan syariah selama 15 tahun, dengan area akad dan produk syariah, fatwa Dewan Syariah Nasional, dan pengembangan produk lembaga keuangan syariah. Mempunyai sertifikat ToT Direksi BPRS dan Dewan Pengawas Syariah Multi Finance Syariah.

7.  I Wayan Sutarya

I Wayan Sutarya, SE, MBAT 

Fakulti senior LPPI yang membidangi manajemen keuangan dan risiko. Certified Trainer pada Indonesian Certificate in Banking Risk and Regulation (GARF, BSMR), Uji Kompetensi Profesi Bankir Bidang Manajemen Risiko (BARa), General Banking (LSPP), dan Certification for BPR Managers (CERTIF – GTZ ProFi). Penyusun studi kelayakan pendirian kantor cabang bank umum (BPD) dan BPR.

 
8.  Indra

Indra Aditya Kusuma 

Berlatar belakang pendidikan S1 di Indonesia Banking School dengan predikat

cum laude dan berpengalaman menangani pendidikan manajerial di LPPI. Aktif dalam memberikan materi terutama bourse game dan branch & bank simulation. Meraih predikat “Excellence” pada ToT Risk Management oleh BARa dan saat ini menjabat sebagai manajer pengembangan bisnis LPPI.

9.  Lando

Lando Simatupang, SE, MM, CRMP

Fakulti senior dan Kepala Divisi LPPI yang berpengalaman sebagai fasilitator/konsultan di bidang manajemen risiko, manajemen asset-liabilities (ALM) dan lingkungan bisnis. Memiliki sertifikat manajemen risiko bank, perbankan umum, dan Certified Risk Management Professional (CRMP). Saat ini menjadi anggota Komite Audit dan Komite Pemantau Risiko Bank-bank.

10.  Moh. Amin Nurdin

Moch Amin Nurdin 

Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai pelatih,  coach, dan konsultan profesional. Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan tukar-menukar pengalaman dan pengetahuan di bidang perbankan. Berambisi tinggi untuk menjadi pelatih dan motivator sukses.

11.  Moch. Asril Aminuloh

Mochamad Asril Aminuloh 

Anggota fakulti yang memiliki pengalaman dalam kegiatan-kegiatan konsultasi, seperti penyusunan rencana perusahaan, manajemen sumber daya, pemetaan pegawai, dan studi kelayakan bank devisa. Pernah mengikuti berbagai pelatihan seperti Manajemen Risiko Level 1 (BARA), ToT Bank Simulation, dan Branch Simulation (Belgian Bankers Academy). Saat ini menjadi tim fasilitator untuk kegiatan simulasi bank, simulasi cabang, simulasi Alma, dan bourse game serta aktif di beberapa kegiatan konsultasi LPPI.

12.  Monica Y Jarwati

Monica Jarwati 

Fakulti senior berpengalaman sebagai pelatih, fasilitator, dan mentor di bidang keterampilan komunikasi dan presentasi serta merupakan certified trainee untuk General Banking II LSPP. Penulis modul Sistem Perbankan Indonesia, Sistem Pengawasan Intern, dan Proses Akuntansi untuk PBJJ. Saat ini menjabat sebagai salah satu Kepala Divisi di LPPI.

13.  Muchlis

Dr. Muchlis, Ak, MBM 

Menempuh pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi UGM (1986), S2 di AIM Filipina (1994), S3 di FE UI (2006), dan Sespibank di LPPI (2009). Sejak 1987 berkarir sebagai pelatih pada berbagai program pelatihan untuk perbankan di bidang akuntansi dan audit bank, analisis kredit, operasi treasuri, dan perdagangan dan keuangan internasional. Selain itu, menjadi dosen pada Program S2 dan S3 bidang akuntansi dan keuangan di beberapa perguruan tinggi di Jakarta. Terlibat dalam kegiatan konsultansi seperti penyusunan sistem dan prosedur transaksi ekspor-impor dan operasi treasuri, rencana perusahaan bank, and studi-studi kelayakan. Di samping itu, menulis modul akuntansi bank untuk transaksi-transaksi valuta asing untuk Program Pengembangan Profesional di Institut Bankir Indonesia dan modul akuntansi bank untuk sertifikasi audit internal bank oleh Ikatan Audit Intern Bank.
14.  Ramudji Abdulgani

Ramudji Abdulgani, SE, MM, CPC 

Fakulti senior berpengalaman sebagai fasilitator, konsultan, dan mentor dengan area soft skills, dan sebagai certified trainee untuk perbankan umum level II LSPP. Memiliki sertifikat Coach Professional Certification (CPC) dan Trainer Micro Finance Institution Body (MFI).

15.  Rumantyo Hardi Kartiko

Rumantyo Hadi Kartiko 

Lulusan Magister Manajemen dari Universitas Indonesia. Berpengalaman puluhan tahun di industri perbankan dan pernah menjabat Kepala Cabang salah satu bank BUMN. Fakulti senior dengan bidang pengajaran audit, kredit, dan akuntansi. Aktif dalam mengajar di perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta.

16.  Sartono Nugroho

Sartono Nugroho 

Fakulti senior berlatar belakang teknologi pendidikan dan berpengalaman sebagai fasilitator di bidang human capital/SDM dan manajemen pemasaran. Memiliki sertifikat perbankan umum level I & II. Saat ini menjabat Kepala Divisi Penyelenggaraan Program Keuangan Syariah.

17.  Sigit Tri M. N.

Sigit Tri M. N., SPd 

Anggota Fakulti LPPI yang memiliki pengalaman di bank syariah dan aktif dalam pengajaran Program Simulasi (simulasi Alma, simulasi operasional kantor cabang/mini bank, improving branch performance), dan simulasi treasuri (bourse game)).

18.  Sudarminto

Sudarminto, Drs, MM 

Fakulti berpengalaman sebagai pelatih, coach, dan mentor di bidang pemasaran, penjualan, pelayanan, dan pengembangan sumber daya manusia.  Certified General Banking II dan III LSPP; GTZ (Germany), dan AIM (West Australia). Penulis buku Teamwork dan Naluri Menjual Jasa.

19.  Sullahi

Sullahi 

Fakulti LPPI yang berpengalaman sebagai fasilitator/konsultan, mentor di bidang pengajaran manajemen risiko. Saat ini menangani konsultasi salah satu bank milik pemerintah mengenai pembukaan kantor cabang bank. Memiliki sertifikat manajemen risiko bank, perbankan umum, dan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI).

20.  Trioksa

Trioksa Siahaan, SE, MM, Akt 

Sarjana akuntansi lulusan Universitas Brawijaya dan master bidang keuangan dari MMUI. Berpengalaman dalam bidang pemasaran kredit, manajemen risiko, pengembangan produk bisnis, dan kebijakan perkreditan. Selain itu, pernah menjadi pemimpin proyek pembuatan Buku Pedoman Kredit Bank dan konsultan devisa bank. Mengajar di bidang perkreditan, akuntansi, produk dan jasa bank, dan manajemen risiko. Sertifikasi di bidang perkreditan, keterampilan presentasi, dan penyusunan CFA.

21.  

Agus Rianto, Ir, SH, MMSI 

Berpengalaman di bidang perbankan selama 22 tahun dan memiliki latar belakang praktik, diklat, dan sertifikasi dengan konsentrasi selama 15 tahun lebih di bidang pelayanan dan consumer retail banking. Selain bekerja, mengikuti kursus-kursus seperti manajemen risiko, APU-PPT, dan manajemen penjualan serta mempraktikkan teori dalam pekerjaan. Dalam satu tahun terakhir mendalami ilmu perencanaan keuangan seperti investasi, proteksi, dan properti.

22.  

Alexander Gabriel D. Triasmara

Dalam 12 tahun terakhir berkarir di beberapa perusahaan. Berpengalaman dalam pelatihan di bidang kepemimpinan, pelayanan, neuroscience (NLP and hypnotherapy), dan pengembangan kepribadian (tingkat manajemen menengah atas). 

23.  

Endang  Hasan Mubarok, SE

Berpengalaman di bidang operasi akuntansi perbankan selama 5 tahun, operasi pembayaran 3 tahun, loan administration/pre-booking kredit 10 tahun, anggota tim/pemimpin proyek, dan memiliki latar belakang praktik, diklat, dan sertifikasi.

24.  

Ferry Novindra Idroes 

Berpengalaman di bidang perbankan selama 8 tahun, akademis 16 tahun, dan pemberian diklat perbankan 9 tahun. 

25.  

Hermin Suryanto, Drs, MM 

Mempunyai pengalaman sebagai praktisi perbankan di bank BUMN selama 30 tahun dengan riwayat penempatan pada berbagai bidang operasional baik di kantor pusat, kantor wilayah, maupun kantor cabang dalam negeri dan luar negeri. Telah mengikuti berbagai macam pelatihan, workshop, kursus, sertifikasi dan seminar untuk meningkatkan kompetensi sebagai praktisi perbankan terutama di bidang perbankan domestik dan internasional, jasa perdagangan internasional, dan keuangan perdagangan internasional. Sampai dengan saat ini, selain sebagai fakulti eksternal (on call) di LPPI dan beberapa provider pelatihan lain, ia menjadi Technical Advisor - Banking Technique & Practice pada International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia yang merupakan anggota ICC yang berkantor pusat di Paris, Perancis.

26.  

Imam Sukarno 

Mulai bekerja tahun 1975 di Bank Indonesia sebagai staf. Kemudian menduduki berbagai jabatan di berbagai  bidang mulai dari sektor moneter, kantor cabang, perkreditan, dan manajemen intern/SDM serta perbankan. Pernah menjadi Direktur Pengawasan BPR dan, terakhir, sebagai Direktur Perizinan dan Informasi Perbankan  sampai pensiun pada tahun 2003. Setelah pensiun dari Bank Indonesia, menjabat sebagai Pengawas Bank Universal (2002), Komisaris PT Askrindo (2006-2011), dan Anggota Komite Audit Bank Mandiri (2003-2014). Di samping bekerja di perbankan juga aktif mengajar di Indonesia Banking School (IBS) dan kursus-kursus di LPPI, seperti Kursus Manajer Lini, Kursus Pemimpin Cabang, dan Sespibank, serta sebagai assesor risk manajemen untuk Banking pada LSPP (Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan).

27.  

Isyono Broto Wardjuno   

Berpengalaman di bidang pendidikan dan pelatihan LPPI selama 27 tahun dan memiliki latar belakang praktik sebagai pengajar, kepala divisi, dan staf ahli direksi. Pernah bekerja di Astra Group (1974-1985) sebagai manajer. Masih aktif sebagai Komisaris BPRS.

28.  

Jenny N. Soeseno, Hj

Berpengalaman di bidang psikologi dan human capital. Aktif sebagai assessor dan fasilitator untuk bidang pengembangan kepribadian, komunikasi efektif, presentasi bisnis, dan soft skill.

29.  

Lim Kurniawan Setiadarma SE, MM, CFE, Certified XBRL 

Berpengalaman di bidang akuntansi, keuangan, dan audit. Juga sebagai staf ahli direksi BPD, penasihat audit, dan komite audit.

30.  

Liston Siahaan 

Bekerja di Bank CIMB Niaga sejak 2004. Bidang yang didalami adalah kepatuhan, anti pencucian uang, pengelolaan perusahaan, dan manajemen risiko. Merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (S1) dan Prasetiya Mulya Business School (S2). Memiliki Risk Management Certification - Level 4 yang dikeluarkan oleh Indonesian Risk Professional Association dan Compliance dan AML Certification yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP)

31.  

Moch. Noer Saifullah 

Saat ini, Komisaris & Senior Konsultan PT Domus Alba, perusahaan konsultan manajemen keuangan, manajemen treasuri & investasi, Share Holder dan Konsultan Senior PT Matair Terra Solusi, dan pengajar tamu pada beberapa provider pelatihan (seperti LPPI, ABFII Perbanas, Risk Frontier, Business Point, HCI, dan DMP) serta penasihat/konsultant senior di beberapa perusahaan.

32.  

Nurul Savitri

Berpengalaman di bidang customer service selama 10 tahun, teller 3 tahun, leadership, supervisory, dan managerial skills 19 tahun, produk dan jasa bank 19 tahun, marketing communication, relationship, selling, dan negotiation skills 19 tahun, etika bankir 19 tahun, credit card (analis kredit and professional collection skills) 19 tahun, presentation skills, train the trainer, dan consumer loan portfolio management 19 tahun.

33.  

P. Erianto Hasibuan 

Berpengalaman  di  bidang  perbankan  selama  21 tahun  dan  memiliki  latar  belakang praktik, diklat, dan sertifikasi.  Pendidikan formal meliputi bidang akuntansi, manajemen perbankan, dan teologia. Pengalaman di bank terbanyak adalah di bidang kredit dan pemasaran kredit. Saat ini menjabat manajer kantor cabang di salah satu bank di Jakarta dan sedang mendalami bidang manajemen SDM untuk S3.