Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - APU PPT Level Basic, Intermediate & Advanced

26-11-2020
Online Learning Services - APU PPT Level Basic, Intermediate & Advanced

LIPUTAN & DOKUMENTASI APU - PPT LEVEL BASIC

Dengan adanya dinamika nasional, regional dan global serta semakin kompleksnya produk,aktivitas dan teknologi informasi bank, maka risiko pemanfaatan bank dalam pencucian uang dan pendanaan teroris semakin tinggi. Frontliner di kantor cabang bank sebagai garda terdepan dalam mengenali nasabah maupun calon nasabah memegang peran penting dalam memitigasi risiko terkait pencucian uang serta pendanaan terorisme. Pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait Customer Due Diligence (CDD), Enhanced Due Diligence (EDD) dan perkembangan pencucian uang serta pendanaan terorisme tentu dapat membantu frontliner dalam menerapkan APU PPT secara baik. 



Dalam rangka mempersiapkan Mutual Evaluation Review, Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) untuk menyelenggarakan “Pembekalan APU PPT Level Basic” pada tanggal 9 dan 10 November 2020 yang dimulai pukul 13.00 – 17.30 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari pegawai BSM setingkat Frontliner yang terdiri dari CS dan Teller. Narasumber berasal dari Bank Mandiri, BSM dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).


LIPUTAN & DOKUMENTASI APU - PPT LEVEL INTERMEDIATE

Peningkatan risiko yang dihadapi bank dalam pencucian uang dan pendanaan teroris semakin tinggi perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas penerapan manajemen risiko yang terkait dengan APU PPT. Branch Operation and Service Manager (BOSM) dan Cash Outlet Manager (COM) sebagai jembatan antara frontliner dengan branch manager memegang peran penting dalam memitigasi risiko terkait pencucian uang serta pendanaan terorisme. Pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait Customer Due Diligence (CDD), Enhanced Due Diligence (EDD), Risk Based Approach (RBA) dan perkembangan pencucian uang serta pendanaan terorisme tentu dapat membantu BOSM dan COM dalam menerapkan APU PPT secara baik.




Dalam rangka mempersiapkan Mutual Evaluation Review, Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) untuk menyelenggarakan “Pembekalan APU PPT Level Intermediate” pada tanggal 11 dan 12 November 2020 yang dimulai pukul 13.00 – 17.30 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari pegawai BSM setingkat manajer yang terdiri dari BOSM dan COM. Narasumber berasal dari Bank Mandiri, BSM dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).


LIPUTAN & DOKUMENTASI APU - PPT LEVEL ADVANCED

Semakin kompleksnya produk, aktivitas dan teknologi informasi bank juga menyebabkan kenaikkan risiko bank akan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu atau oknum dalam pencucian uang dan pendanaan teroris semakin tinggi. Peningkatan risiko terkait pencucian uang dan pendanaan teroris perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas penerapan manajemen risiko yang terkait dengan APU PPT. Branch Manager (BM) sebagai pihak yang mewakili sebuah cabang memegang peran penting dalam memitigasi risiko terkait pencucian uang serta pendanaan terorisme. Pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait Risk Based Approach (RBA) dan perkembangan pencucian uang serta pendanaan terorisme tentu dapat membantu BM dalam menerapkan APU PPT secara baik.



Dalam rangka mempersiapkan Mutual Evaluation Review, Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) untuk menyelenggarakan “Pembekalan APU PPT Level Advance” pada tanggal 17 dan 18 November 2020 yang dimulai pukul 13.30 – 17.30 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari pegawai BSM setingkat kepala cabang. Narasumber berasal dari Bank Mandiri, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Standard Chartered Indonesia.