Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Pembekalan General Banking Level 1 & 2 Bank Woori Saudara

10-08-2020
Online Learning Services  - Pembekalan General Banking Level 1 & 2 Bank Woori Saudara

LPPI bekerjasama dengan Bank Woori Saudara mengadakan uji kompetensi General Banking untuk level 1 dan 2 pada hari Sabtu, 8 Agustus 2020 jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 28 Peserta dan 2 Fakulti yang mengampu kelas ini (Pak Amin Nurdin dan Pak Sullahi) yang diadakan secara daring via google meet. 
Uji Kompetensi General Banking merupakan sertifikasi bagi perbnkan yang mengacu pada SKKNI ahun 2009 Nomor 216 untuk Kompetensi Perbankan Bidang general Banking. LSPP sebagai lembaga sertifikasi mengacu pada buku memahami Bisnis Bank untuk General Banking Level (I), Mengelola Bank Komersial untuk General Banking Level (II), dan Strategi Sukses Bisnis Bnk Untuk General Banking Level (III).



General Banking diberikan kepada level yang berbeda sesuai dengan jabatannya. General Banking Level I diberikan kepada level Officer, level 2 untuk Pemimpin Cabang atau wakil Pemimpin Cabang, dan Level 3 untuk Kepala Kantor Wilayah hingga Direksi Bank. Program pendidikan General Banking Level 1 dan 2 bertujuan secara umum memberikan pemahaman kepada peserta akan dasar pengetahuan bisnis perbankan yang meliputi produk dan pelayanan prima perbankan serta unsur risiko yang melekat di dalamnya sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga dapat mendukung perkejaan peserta sebagai seorang bankir profesional dan sesuai dengan SKKNI. Setelah pelatian ini, diharapkan peserta mampu untuk:
1.    Merencanakan, Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Penjualan Produk dan Jasa Perbankan;
2.    Menerapkan Standar layanan perbankan, mensupervisi transaksi keuangan bank, transaksi dana perbankan, transaksi atas jasa pembayaran, proses transaksi trade services, dan dasar proses transaksi valuta asing;
3.    Menyusun analisa kredit dan melaksanakan administrasi kredit;
4.    Merekomendasikan jenis investasi;
5.    Memantau transaksi sesuai aspek hukum perbankan dan pelaksanaan regulasi internal dan eksternal;
6.    Menggunakan sistem/aplikasi teknologi informasi perbankan;
7.    Menginterpretasi laporan keuangan;
8.    Mengindentifikasi risiko perbankan