Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Pembekalan Sertifikasi Funding & Services Batch 3 PT. Bank SulutGo

24-09-2021
Online Learning Services - Pembekalan Sertifikasi Funding & Services Batch 3 PT. Bank SulutGo

LPPI bekerjasama dengan Bank SulutGo kembali mengadakan Program Pelatihan Pembekalan Sertifikasi Funding & Services Batch 3. Program ini dibuka oleh Bapak Marullah Ramli, Kepala Departemen Pelatihan DPLT- 2 LPPI.


Tentang Program

Peraturan Menteri Keuangan No. 235/PMK.7/2015 Tentang Konversi Penyaluran Dana Bagi Hasil Dan/Atau Dana Alokasi Umum Dalam Bentuk Nontunai menjadi dilema tersendiri bagi Bank Pembangunan Daerah. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa sebagian besar komposisi dana pihak ketiga bank daerah didominasi berasal dari dana alokasi umum untuk pembangunan daerah milik pemerintah daerah. Pemberlakukan peraturan menteri keuangan yang akan efektif per akhir triwulan I untuk Dana Bagi Hasil dan per akhir triwulan II untuk Dana Alokasi Umum, menjadi ancaman sekaligus peluang bagi bank daerah untuk mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki. Upaya dalam meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) menjadi prioritas untuk ditingkatkan, selain daripada persaingan yang terus meningkat disisi suku bunga, layanan dan kualitas produk. Upaya bank perlu dengan memformulasikan strategi khusus untuk tetap dapat mempertahankan pertumbuhan DPK, sehingga bisa menjaga tingkat Loan to Deposit Ratio (LDR) dalam kisaran angka yang wajar dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh regulator.

Program pembekalan untuk mendapatkan sertifikasi funding and Service bidang funding sales disusun agar peserta dapat siap untuk mengikuti sertifikasi funding yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP). Topik-topik pada pelatihan pembekalan disesuaikan dengan materi yang akan diujikan dalam ujian sertifikasi funding and service bidang funding sales. Melalui pembekalan ini diharapkan peserta dapat siap untuk mengikuti ujian sertifikasi dengan baik dan mendapat pengetahuan serta penyegaran dalam bidang funding.