Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Refreshment Bank Management Executive Overview untuk BOD & BOC Bank BRI Agroniaga

22-10-2021
Online Learning Services - Refreshment Bank Management Executive Overview untuk BOD & BOC Bank BRI Agroniaga

Pada Kamis dan Jumat, 21 & 22 Oktober LPPI bersama dengan Bank BRI Agro melaksanakan program Refreshment untuk Jajaran Pengurus Bank dengan tema "Bank Management Executive Overview untuk BOD & BOC Bank BRI Agroniaga. Program yang dilaksanakan selama 2 hari ini diisi dan diikuti oleh peserta dan pengajar dari jajaran top level di industri keuangan. 

Tentang Program

POJK No.27/POJK.03/2016 tentang penilaian kemampuan dan kepatutan bagi pihak utama Lembaga Jasa Keuangan, mensyaratkan agar pengurus bank harus mengikuti uji kemampuan dan kepatutan untuk mewujudkan industri perbankan yang bersih serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri. Regulasi ini dijelaskan secara detil dalam SEOJK No.39/SEOJK.03/2016 tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan Bagi Calon Pemegang Saham Pengendali, Calon Anggota Direksi, dan Calon Anggota Dewan Komisaris Bank. Penilaian tersebut mencakup integritas, kelayakan keuangan dan reputasi keuangan sebagaimana dijabarkan dalam pasal 4 hingga 7 SEOJK. Selain itu, terdapat kompetensi khusus bagi calon Direksi yaitu pengetahuan tentang peraturan dan operasional BUK termasuk pemahaman mengenai manajemen risiko.

Proses penilaian khusus ini merupakan salah satu bentuk penerapan tata kelola perusahaan yang baik. Dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh executive level, perlu adanya peningkatan serta penyegaran pengetahuan untuk dapat mengisi gap kompetensi perbankan yang masih dirasa kurang dan perlu ditingkatkan. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tersebut diperlukan coaching yang merupakan salah satu metode akselerasi penguasaan pengetahuan. LPPI yang merupakan lembaga pengembangan perbankan dan keuangan terkemuka memiliki program BANK MANAGEMENT EXECUTIVE OVERVIEW FOR BOD/BOC yang menyajikan narasumber ahli dan prominen di bidangnya.