Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Risk Analysis & Mitigation Skills PT. Bank BJB

14-01-2022
Online Learning Services - Risk Analysis & Mitigation Skills PT. Bank BJB

Pada hari ini, Jumat 14 Januari 2022, LPPI bekerjasama dengan PT. Bank BJB menyelenggarakan program dengan judul "Risk Analysis & Mitigation Skills". Program berlangsung selama 1 hari kerja dan dilaksanakan via online learning. Program ini dibuka oleh Ibu Helda Rahmi Sina, Kepala Program Pelatihan LPPI.

Tentang Program

 

Risiko merupakan faktor inherent yang ada didalam setiap aktivitas bisnis. Pada setiap tahapan proses bisnis yang dilakukan selalu terdapat kemungkinan atas terjadinya kegagalan yang berdampak pada kerugian perusahaan. Kesalahan pengelolaan likuiditas yang akan berdampak pada ketidakmampuan lembaga keuangan untuk menyelesaikan kewajibannya, kesalahan dalam menganalisa kemampuan counterpart akan berdampak pada terjadinya gagal bayar, fraud internal yang dapat berdampak kepada timbulnya publisitas negative yang memicu risiko reputasi, kesalahan dalam mengambil keputusan investasi, insider trading, fluktuasi nilai tukar, saham dan tingkat suku bunga serta human error serta yang bersumber dari eksternal lembaga keuangan berupa tindakan kriminalitas merupakan berbagai bentuk potensi risiko yang dapat timbul sehingga diperlukan mitigasi risiko secara tepat dan benar. 

Identifikasi risiko pada setiap proses bisnis merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap risk officer pada suatu perusahaan, karena dengan mengetahui berbagai potensi risiko dan penyebabnya, maka pihak instansi terkait dapat mengukur besaran kemungkinan dan merumuskan tindakan antisipasi yang diperlukan guna meminimalisir dampak / potensi kerugian dari risiko yang dihadapi. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai bentuk Teknik-Teknik Penilaian Risiko, serta regulasi yang berlaku terhadap penilaian risiko.