Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Pemberdayaan & Analisis Kredit UMKM PT. Bank Jambi

31-10-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Pemberdayaan & Analisis Kredit UMKM PT. Bank Jambi

LPPI dan PT. Bank Jambi kembali bekerjasama dalam penyelenggaraan Program Pendidikan & Pelatihan "Pemberdayaan & Analisis Kredit UMKM". Program diikuti oleh 50 peserta setingkat analis di Bank Jambi dan dilaksanakan secara klasikal tatap muka di Gedung Mahligai 9, Kantor Pusat Bank Jambi.

Pelatihan Pemberdayaan & Proses  Analisis Kredit UMKM Bank Jambi telah di buka secara resmi oleh Ibu Ayu Kepala Bidang Divisi SDM bank Jambi, sambutan dr LPPI di wakili oleh Ibu Christiani Soedarjo selaku Narasumber untuk program ini.

Tentang Program

Pentingnya UMKM sebagai tonggak perekonomian nasional, mendorong Pemerintah melalui Regulator mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 23/13/PBI/2021 tentang Rasio Pembiayaan Inkusif Makroprudensial (RPIM). Fokus dari pemenuhan RPIM tersebut adalah mendorong bank-bank untuk memenuhi ketentuan 30% penyaluran kredit untuk sektor UMKM sampai pada akhir tahun 2024. Namun disadari pemenuhan kewajiban tersebut bukanlah perihal mudah, terutama bagi bank-bank yang tidak berfokus dan memiliki model bisnis yang mendukung penyaluran ini. Data menunjukkan jumlah penyaluran kredit UMKM hanya sebesar 19,93% dari total penyaluran kredit perbankan sebesar 5,75 Triliun pada 2021, tumbuh sebesar 12,3%  (year on year) di sepanjang 2021.  

Pengelolaan kredit segmen UMKM memerlukan penanganan khusus agar dapat berjalan efektif. Kredit UMKM menyasar prospek debitur retail. Prospek debitur segmen ini tergolong cukup banyak sehingga perlu penanganan yang baik. Bisnis UMKM sebagai penopang bisnis daerah dan nasional perlu terus dikembangkan dan didukung karena akan tercipta ekonomi kerakyatan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Program Analis Kredit UMKM dimaksudkan untuk menciptakan analis-analis yang handal yang dapat menjadi pendamping dan konsultan yang tepat bagi pelaku bisnis UMKM.