Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan Kredit Sindikasi PT. Bank Sumsel Babel

04-07-2022
Program Pendidikan Kredit Sindikasi PT. Bank Sumsel Babel

LPPI kembali menyelenggarakan Program Pendidikan Kredit Sindikasi yang diikuti oleh peserta dari Bank Sumsel Babel. Program dilaksanakan secara komprehensif selama 2 hari, dan dibuka oleh Bapak Marullah Ramli, Kepala Pelatihan LPPI khusus BPD. 

Tentang Program

Kredit Sindikasi berarti pinjaman yang diberikan oleh beberapa kreditur sindikasi, yang biasanya terdiri dari bank-bank dan/atau lembaga-lembaga keuangan lainnya kepada seorang debitur, yang biasanya berbentuk badan hukum; untuk membiayai satu atau proyek milik debitur, baik dari dalam maupun luar negeri. Kredit Sindikasi diperlukan karena jumlah yang dibutuhkan untuk membiayai proyek sangat besar, sehingga tidak mungkin dibiayai oleh kreditur tunggal. Hal ini sesuai dengan definisi di atas, bahwa dalam pemberian kredit sindikasi, jumlah kreditnya terlalu besar apabila diberikan oleh satu bank saja. Karena itu pula, menjadi suatu hal yang penting untuk diketahui oleh bank, mulai dari gambaran, proses, hingga aspek legalitas yang berlaku dalam proyek yang memerlukan kredit sindikasi. Program ini disusun secara lebih mendalam dengan menitikberatkan pada sisi aspek legalitas, dan diharapkan peserta dapat secara lebih mendalam mengetahui terkait proses hukum yang berlaku di proyek sindikasi, dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan serta peraturan-peraturan yang wajib diikuti terkait sindikasi.  

Pendidikan dan pelatihan Tinjauan Aspek Legalitas Kredit Sindikasi bertujuan memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai Proses Kredit Sindikasi, Peranan Bank, Pihak-pihak yang terkait dalam pembentukan JMLAB, aspek legalitas yang berlaku dan Isu-isu strategis yang berkembang.