Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Kredit Sektor Kelapa Sawit PT. Bank Kalteng

22-10-2021
Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Kredit Sektor Kelapa Sawit PT. Bank Kalteng

Pada Oktober 2021, LPPI bekerjasama dengan Bank Kalteng dalam pelaksanaan Program Pelatihan "Analisis Kredit Sektor Kelapa Sawit". Program ini diikuti oleh 99 peserta yang terbagi dalam 3 angkatan. Program dilaksanakan melalui metode tatap muka dengan mengikuti aturan protokol kesehatan yang ketat. Dalam acara pembukaan dan penutupan program, hadir pula Bapak Djoni Widjanarko Kridarso, Direktur Pemasaran, Bisnis, dan Usaha Syariah Bank Kalteng bersama dengan Bapak Edy Setiadi, Direktur Bisnis LPPI.

Tentang Program

Bisnis Kelapa Sawit menjadi salah satu bagian penting dalam pembangunan pertanian serta merupakan bagian integral pembangunan nasional. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal : Kelapa sawit merupakan penggerak utama (prime mover) pengembangan agribisnis mulai dari hulu hingga ke hilir ;  Pembangunan sub sektor kelapa sawit merupakan penyedia lapangan kerja yang cukup besar dan sebagai sumber pendapatan petani ; dan Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang memiliki andil besar dalam menghasilkan devisa negara. Kelapa sawit tidak hanya telah menjelma menjadi penyumbang paling penting devisa negara dari nilai ekspor yang terus meningkat, namun juga menjadi penggerak perkenomian wilayah, menyerap tenaga kerja dan mengentaskan kemiskinan di pedesaan.

Dokumentasi Batch 1 

Dokumentasi Batch 2

Dokumentasi Batch 3

Untuk dapat masuk dalam sektor perkebunan kelapa sawit, maka bank perlu melengkapi pengetahuan analis kreditnya dengan pengetahuan bisnis dan kredit untuk sektor tersebut. Pelatihan analisis kredit sektor industri kelapa sawit bertujuan untuk membekali peserta agar dapat memahami potensi bisnis dan risiko dari pembiayaan industri perkebunan kelapa sawit, memahami karakteristik industri dan analisis kredit yang tepat untuk industri tersebut.