Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Laporan Keuangan Calon Debitur & Perhitungan Spreadsheet Kredit Produktif - Batch 1

11-12-2021
Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Laporan Keuangan Calon Debitur & Perhitungan Spreadsheet Kredit Produktif  - Batch 1

LPPI kembali bekerjasama dengan PT. Bank Sumut melalui program pendidikan dan pelatihan dengan tema Analisis Laporan Keuangan Calon Debitur & Perhitungan Spreadsheet Kredit Produktif. Program berlangsung selama 2 hari kerja dan dilaksanakan dengan metode kelasikal tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Program ini dibuka oleh Bapak Erwan Chazali, Kepala Divisi Kredit Bank Sumut , Bapak Irwan Direktur Bisnis & Syariah Bank Sumut, serta Bapak Edy Setiadi Direktur Bisnis LPPI.

Tentang Program

Pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak lepas dari peran perbankan dan dunia keuangan. Bank dan Jasa Lembaga Keuangan memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pemberian kredit ke sektor produktif. Dalam rangka menjaga kualitas kredit yang diberikan kepada debitur, dipelukan pemahaman atas laporan keuangan calon debitur agar membantu kreditur dalam meyakini kredit yang diberikan dalam jangka waktu tertentu dengan tingkat suku bunga yang dikenakan oleh kreditur mampu dilunasi oleh calon debitur dan kredit tersebut akan memberikan  keuntungan kepada kreditur.

Pengelolaan kredit yang baik akan memudahkan bank dalam melakukan kegiatan pelayanan, memonitoring dan mencari solusi dalam masalah yang berkaitan dengan perkreditan terutama dari pengelolaan laporan keuangan yang sudah di audit. Para peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan menyusun spreadsheet dan studi kasus yang disesuaikan dengan lingkungan Bank Sumut untuk memenuhi kompetensi yang disyaratkan bagi seorang staf perkreditan.

Pendidikan dan pelatihan Analisis Kredit Produktif bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan analis kredit mengenai penilaian kelayakan kredit produktif dan cashflow terhadap kredit produktif.