Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan General Banking Tingkat 3 PT. Bank Artha Graha Internasional

31-08-2020
Program Pendidikan & Pelatihan General Banking Tingkat 3 PT. Bank Artha Graha Internasional

LPPI bekerjasama dengan Bank Artha Graha Internasional menyelenggarakan Pembekalan General Banking level 3 pada tanggal 26 Agustus 2020. Dimana peserta yang berpartisipasi merupakan Deputi direksi. Jumlah peserta pada pembekalan hari ini adalah lima peserta. LPPI meghadirkan fakulty internal dan juga eksternal yang kompeten pada bidangnya yaitu Bapak Lando Simatupang dan juga Bapak Imam Sukarno (Certified General Banking Level 3)



Dalam menghadapi era industri 4.0 perbankan nasional harus meningkatkan kapabilitas untuk dapat bersaing dengan negara-negara di dunia. Sumber Daya Manusia (SDM) merupaakn salah satu komponen yang perlu dipersiapkan, karena SDM tidak hanya sebagai pemberi nilai tambah tetapi juga merupaakn ujung tombak (first line of defense) dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada dalam industri perbankan baik nasional maupun internasional.

Kompetensi kerja diperlukan dalam rangak pemberdayaan SDM yang optimal dan tepat. Kompetensi SFM yang bervariasi menuntut adanya suatu standar kompetensi kerja yang dapat dijadikan sumber alat ukur menilai kompetensi yang dikuasainya. Standar kompetensi yang umum berlaku di Indonesia disebut dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sektor Keuangan Sub Sektor Perbankan telah memiliki SKKNI 9 (sembilan) bidang profesi yaitu Manajemen Risiko, Treasury, Wealth Management, Audit Intern Ban, Compliance, Operation, Funding and Services, dan General Banking yang disusun oleh ikatan Bankir Indonesia (IBI). SKKNI bidang General Banking disusun karena bidang kerja serta jumlah bankir yang terdapat dalam General Banking di suatu bank umumnya lebih banyak dibandingkan dengan bidang spesialis. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya standardisasi kompetensi di bidang General Banking khusunya level 3.



General Banking level 3 bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajerial dan kepemimpinan bagi bankir senior profesional sebagai salah satu syarat untuk menduduki posisi puncak. SKKNI untuk bidang kompetensi General Banking Level 3 terdiri dari 1 (satu) unit kompetensi umumu yaitu berkomunikasi di tempat kerja dan 5 (lima) unit kompetensi inti. Diantaranya merencanakan, melaksanakan, dan mensupervisi program kerja wilayah dan mengelola SDM wilayah. Dalam rangka standardisasi kompetensi bidang general Banking seluruh Bankir di Indonesia, lembaga Pengemebangan Perbankan Indonesia (LPPI) menyelenggarakan program sertifikasi General Banking Level 3. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini seluruh peserta mampu lulus sertifikasi General Banking Level 3.