Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Risk Analysis & Mitigation Skills Batch 3 bank bjb

17-02-2022
Online Learning Services - Risk Analysis & Mitigation Skills Batch 3 bank bjb

LPPI kembali bekerjasama dengan bank bjb dalam pelaksanaan program dengan tema "Risk Analysis & Mitigation Skills". Program ini adalah Batch ke-3 dan dilaksanakan selama 1 hari kerja, dengan metode online interaktif. Program ini dibuka oleh Bapak Indra Aditya Kusuma, Kepala Riset LPPI.

Tentang Program

Risiko merupakan faktor inherent yang ada didalam setiap aktivitas bisnis. Pada setiap tahapan proses bisnis yang dilakukan selalu terdapat kemungkinan atas terjadinya kegagalan yang berdampak pada kerugian perusahaan. Kesalahan pengelolaan likuiditas yang akan berdampak pada ketidakmampuan lembaga keuangan untuk menyelesaikan kewajibannya, kesalahan dalam menganalisa kemampuan counterpart akan berdampak pada terjadinya gagal bayar, fraud internal yang dapat berdampak kepada timbulnya publisitas negative yang memicu risiko reputasi, kesalahan dalam mengambil keputusan investasi, insider trading, fluktuasi nilai tukar, saham dan tingkat suku bunga serta human error serta yang bersumber dari eksternal lembaga keuangan berupa tindakan kriminalitas merupakan berbagai bentuk potensi risiko yang dapat timbul sehingga diperlukan mitigasi risiko secara tepat dan benar.

Perbankan memiliki peran yang sangat penting terhadap pergerakan roda perekonomian Indonesia. Ketika negara sedang melakukan proses pemulihan ekonomi, umumnya bank masih belum bisa optimal dalam menjalankan fungsi utamanya sebagai lembaga intermediasi keuangan internasional yang menggambarkan rasio perbandingan jumlah kredit yang diberikan pada pihak ketiga (LDR/ Loan to Deposit Ratio). Peranan intermediasi lembaga perbankan sangat berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian suatu negara. Ketika terjadi penurunan jumlah kredit yang disalurkan akibat sikap kehati-hatian dari pihak bank, secara tidak langsung akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara yang bersangkutan. 

Identifikasi risiko pada setiap proses bisnis merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap risk officer pada suatu perusahaan, karena dengan mengetahui berbagai potensi risiko dan penyebabnya, maka pihak instansi terkait dapat mengukur besaran kemungkinan dan merumuskan tindakan antisipasi yang diperlukan guna meminimalisir dampak / potensi kerugian dari risiko yang dihadapi. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai bentuk Teknik-Teknik Penilaian Risiko, serta regulasi yang berlaku terhadap penilaian risiko.