Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Sosialisasi Analisis Kredit Modal Kerja & Teknik Appraisal untuk BPR/S OJK Wilayah Kalimantan Tengah

20-11-2020
Online Learning Services - Sosialisasi Analisis Kredit Modal Kerja & Teknik Appraisal untuk BPR/S OJK Wilayah Kalimantan Tengah

Hasil pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan pada tahun 2019 – 2020 terhadap BPR/ BPRS di wilayah Kalimantan Tengah, terdapat kelemahan-kelemahan terkait analisa kredit/ pembiayaan khususnya kredit modal kerja yang dilakukan BPR/ BPRS. Beberapa kelemahan tersebut antara lain : 
- Belum dapat menggambarkan keadaan finansial debitur secara utuh dan menyeluruh pada lembar analisis
- Belum dapat menghitung secara tepat kebutuhan modal kerja yang dibutuhkan leh debitur
Karena kelemahan-kelemahan ini, penyaluran kredit/ pembiayaan menjadi tidak tepat sasaran dan berpotensi melebihi kebutuhan debitur. 



Penyaluran kredit menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan yang menyalurkan kegiatan pembiayaan/ kredit, termasuk BPR maupun BPRS. Proses analisis kredit yang tidak memadai akan mengakibatkan proses gagal bayar yang otomatis akan merugikan bagi perusahaan. Menindaklanjuti hal tersebut, LPPI sebagai mitra kerja strategis Lembaga Jasa Keuangan, bersama-sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menawarkan program sosialisasi terkait kebutuhan kompetensi yang diperlukan, khususnya oleh para Analis Kredit di BPR/ BPRS yang berada di bawah naungan OJK Wilayah Kalimantan Tengah.