Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Cost and Benefit Analysis PT. Bank BJB

17-10-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Cost and Benefit Analysis PT. Bank BJB

LPPI kembali bekerjasama dengan bank bjb dalam penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan Cost and Benefit Analysis. Peserta program berasal dari satuan kerja Divisi Pengendali Keuangan & Anggaran bank bjb dan dilaksanakan selama 1 hari kerja di Bandung, Jawa Barat. 

Program dibuka dan dihadiri oleh :

  1. 1. Ibu Nur Anggraini, Pemimpin Grup Keuangan Internal, Divisi Pengendalian Keuangan & Anggaran bank bjb
  2. 2. Bapak Agus Permadi Himawan, dari bjb university
  3. 3. Bapak Trioksa Siahaan, Head of Research & Development LPPI, sekaligus Narasumber pada program ini
  4.  

Tentang Program

Cost Benefit Analysis (CBA) adalah proses membandingkan atau analisis perkiraan biaya dan manfaat yang terkait dengan keputusan proyek bisnis. Inisiatif ini biasanya dilakukan untuk menentukan apakah pelaksanaan proyek masuk akal dari perspektif bisnis. Cost benefit analysis sendiri melibatkan penghitungan atas semua biaya proyek dan mengurangi jumlah dari total manfaat yang diproyeksikan perusahaan. Jika ternyata manfaat yang diproyeksikan lebih besar daripada biayanya, perusahaan dapat berargumen bahwa keputusan itu baik untuk dibuat. Di sisi lain, jika biayanya lebih besar daripada manfaat, perusahaan perlu mengevaluasi kembali keputusan atau proyek yang ingin dibuat. Cost benefit analysis merupakan bentuk pengambilan keputusan berbasis data.

Cost benefit analysis sangat diandalkan oleh perusahaan dan organisasi bisnis lainnya dalam mendukung proses pembuatan keputusan karena memberikan pandangan berbasis bukti-bukti agnostik terkait isu yang sedang dibahas – tanpa adanya pengaruh opini, bias, unsur politik, dan lain sebagainya. Dengan adanya pandangan yang jelas tentang adanya konsekuensi dari sebuah keputusan, cost benefit analysis menjadi alat yang tak ternilai dalam mengembangkan strategi bisnis, mengevaluasi karyawan baru, atau membuat keputusan pembelian.