Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Credit Risk Management PT. Pegadaian (Persero) Tbk.

31-10-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Credit Risk Management PT. Pegadaian (Persero) Tbk.

LPPI bekerjasama dengan PT. Pegadaian dalam penyelenggaraan Program Pendidikan & Pelatihan "Credit Risk Management". Program dilaksanakan dalam 4 kelas pararel dan berlangsung secara komprehensif selama 2 hari kerja. 

Program dibuka secara resmi oleh Bapak Agus Tokhid - Kepala Divisi Risiko Kredit dan Asuransi PT. Pegadaian bersama Bapak Eka B. Danuwirana, Direktur LPPI. Juga turt hadir dalam pembukaan program ini : Bapak Agus Tokhid, dan Ibu Rustiawaty - Dean Akademi Bisnis Mikro PT Pegadaian.

 

Tentang Program

Sesuai ketentuan regulator, Sektor Jasa Keuangan (SJK) perlu melakukan manajemen terhadap risiko kredit yang melekat pada seluruh portofolio, yaitu dengan mengidentifikasi, mengukur, memonitor, mengontrol risiko kredit, serta memastikan modal yang tersedia cukup, dan dapat diperoleh kompensasi yang sesuai atas risiko yang timbul. Jadi pengelolaan risiko kredit merupakan tindakan pro-active, yang lebih menekankan pada manajemen portfolio kredit, active balance sheet dan kuantitas risiko kredit, sehingga dapat diperoleh model risiko atas capital intensive, model serta risk return yang optimal untuk mendapatkan nilai maksimal bagi perusahaan.

Kegagalan dalam mengantisipasi risiko terutama risiko kredit dapat menyebabkan kerugian cukup besar yang dapat menggerus laba yang diperoleh. Sangatlah penting bagi suatu SJK untuk dapat mengidentifikasi, mengukur, memonitor dan mengontrol tingkat risiko tersebut sehingga dapat mengurangi tingkat kerugian (loss) dan mengurangi biaya kredit (credit cost).