1. URAIAN SINGKAT

Secara berkala Bank perlu memetakan pegawainya sesuai dengan rencana pengembangan SDM.  Melalui assessment mapping pegawai, bank memperoleh informasi perihal kapasitas pegawai  dan potensinya sebagai dasar pengembangan pegawai. Standar penilain assessment mengacu pada kamus kompetensi Bank, dengan mempertimbangkan bukan hanya aspek psikologi tapi juga kemampuan perbankan pegawai.

  1. MANFAAT

1. Bank memperoleh gambaran potensi dan kompetensi pegawai yang dapat digunakan untuk talent pool maupun kebutuhan pengembangan lainnya. 2. Hasil assessment juga memberikan gambaran kebutuhan pengembangan pegawai, baik dengan pelatihan maupun kegiatan lainnya. 3. Setelah pelaksanaan assessment, Peserta mendapat feedback terkait hasil assessment yang telah diikuti.

  1. METODE

Assessment Assessment menggunakan metode penilaian perilaku dan pengetahuan teknis perbankan.  Dasar penilaian mengacu pada kamus kompetensi pegawai, yang dinilai melalui serangkaian tes seperti penulisan short paper, tes psikologi tertulis, Case Study, Leaderless Group Discussion, dan Interview.

  1. TIM ASSESSOR

Terdiri dari para spesialis bidang perbankan dan keuangan, serta para psikolog yang berpengalaman.

  1. DELIVERABLE

* 1. Hasil assessment pegawai berupa management report dan laporan individu 2. Kebutuhan pengembangan lanjutan (pelatihan, pengembangan lainnya) 3. Feedback bagi peserta assessment 4. Analisa data hasil assessment peserta 

  1. DURASI

1. Pra Assessment (2 minggu) 2. Pelaksanaan assessment/In take data assessment (1-2 hari, bergantung jumlah peserta) 3. Pengolahan data assessment (10 hari kerja) 4. Management Report (1 hari)
*tentative bergantung kebutuhan Bank

Program