1. URAIAN SINGKAT

Secara berkala bank akan melakukan promosi bagi pegawai-pegawai yang kompeten untuk menduduki  berbagai posisi. Proses asesmen dalam rangka promosi ditujukan untuk jabatan manajer ke atas dan atau sesuai kebutuhan bank. Dalam hal kepentingan promosi, metode asesmen yang dilakukan dengan simulasi pekerjaan untuk menilai kemampuan peserta jika berada pada posisi target.

  1. MANFAAT

1. Bank memperoleh gambaran peta kompetensi peserta asesmen yang adalah pegawai internal bank, sehingga dapat digunakan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia bank, 2. Bank dapat memiliki alternatif data pegawai sebagai pertimbangan dalam menentukan pegawai terbaik untuk posisi target.

  1. METODE ASESMEN

Asesmen menggunakan metode penilaian perilaku dan pengetahuan teknis perbankan.  Dasar penilaian mengacu pada kamus kompetensi pegawai, yang dini- lai melalui serangkaian tes seperti penulisan short pa- per, tes psikologi tertulis, Case Study, Leaderless Group Discussion, dan Interview.

  1. TIM ASSESSOR

Terdiri dari para praktisi perbankan dan keuangan, serta para psikolog yang berpengalaman.

  1. DELIVERABLE

1. Hasil asesmen pegawai berupa management report dan laporan individu. 2. Kebutuhan pengembangan lanjutan (pelatihan, pengembangan lainnya). 3. Feedback bagi peserta asesmen. 4. Analisa data hasil asesmen peserta.

  1. DURASI

1. Pra Asesmen (2 minggu) 2. Pelaksanaan Asesmen/In take data asesmen (1-2 hari, bergantung jumlah peserta) 3. Pengolahan data asesmen (10 hari kerja) 4. Management Report (1 hari)
*tentative bergantung kebutuhan Bank
 

Program