Frequently Asked Question

Tentang LPPI 

1. Apakah LPPI itu ?

LPPI adalah Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia yang mempunyai visi menjadi lembaga pengembangan perbankan yang terpercaya dan terkemuka di tanah air serta mendapat pengakuan internasional.

2. Apa yang dihasilkan LPPI ?

LPPI berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Perbankan dan pengetahuan masyarakat mengenai perbankan melalui produk dan jasa pelayanan pendidikan, pelatihan dan pengembangan perbankan, berupa program pendidikan, program pelatihan, jasa konsultasi dan assessment, layanan riset, layanan e-learning, layanan simulasi perbankan, layanan penyelenggaraan workshop dan seminar serta jasa fasilitas kampus.

3. Dimanakah LPPI ?

LPPI beralamat di Jalan Kemang Raya No. 35 Kebayoran Baru, Jakarta 12730.

4. Bagaimana cara mencapai Kampus LPPI ?
  •      >>  Dari Bandara Udara Soekarno Hatta

Untuk mencapai Kampus LPPI dari Bandara Udara Soekarno - Hatta disarankan menggunakan angkutan Bus Damri Bandara tujuan Blok M. Sesampainya di Blok M kemudian dilanjutkan dengan menaiki angkutan umum Trans Jakarta 6N jurusan Ragunan – Blok M.

  •      >>  Dari Stasiun Kereta Api Gambir
  • Untuk mencapai Kampus LPPI dari Stasiun Gambir disarankan menggunakan angkutan umum ke jurusan Blok M. Sesampainya di Blok M kemudian dilanjutkan dengan menaiki ada angkutan umum Trans Jakarta 6N jurusan Ragunan – Blok M.

  •       >> Dari Terminal Bus Kampung Rambutan

Untuk mencapai Kampus LPPI dari Terminal Bus Kampung Rambutan disarankan menggunakan Trans Jakarta 7A jurusan Kp. Rambutan - Lebak Bulus turun di RSUD Pasar Minggu, kemudian lanjut dengan Trans Jakarta 6N jurusan Ragunan – Blok M. 

5.  Kendaraan umum apa saja yang melewati depan Kampus LPPI dan rutenya ?

Dari depan kampus LPPI, ada angkutan umum Trans Jakarta 6N jurusan Ragunan – Blok M. Selain kendaraan tersebut, ada jenis kendaraan lain seperti bajaj/ojek atau taksi yang bisa dinaiki untuk mencapai Kampus LPPI.
 

Program LPPI

6.  Program apa yang ditawarkan oleh LPPI ?

LPPI mempunyai program pendidikan dan pelatihan yang terdiri dari program pendidikan dan pelatihan reguler,  in house training dengan tailor made curriculum, e-learning, syariah banking academy, micro banking academy, workshop, seminar, jasa konsultasi, assessment center dan riset. Lihat di program tahunan LPPI.

7.  Apakah pelatihan LPPI terbuka untuk individu (tanpa melalui SDM bank bersangkutan) ?

Ya. Pelatihan LPPI sifatnya terbuka dan bisa diikuti oleh siapapun demi meningkatkan kualitas individu.

8.  Apakah pelatihan-pelatihan di LPPI dapat diikuti oleh lembaga di luar Bank (LKBB) ?

Ya. LPPI tidak menutup kesempatan bagi lembaga-lembaga non-bank untuk mengikuti seluruh program yang ditawarkan LPPI. Selama yang bersangkutan mengikuti syarat ketentuan yang berlaku.

9.  Apa saja syarat dan ketentuan tersebut ?

Mengisi lembar/form pendaftaran dan menunaikan kewajiban administrasi.

10.  Mengapa biaya investasi diklat di LPPI lebih mahal dibandingkan provider lain ?

LPPI merupakan lembaga yang telah berpengalaman lebih dari 50 tahun di Industri Perbankan Nasional, dimana kualitas LPPI selalu dipantau oleh Bank Indonesia. Selain itu kualitas diklat LPPI didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai di Kampus LPPI, serta dukungan teknologi informasi terkini.

11.  Berapakah minimal peserta yang dibutuhkan untuk berjalannya jumlah diklat regular ?

Pelaksanaan diklat regular pada dasarnya bersifat fleksibel, terutama diklat-diklat baru yang belum pernah ada. Umumnya diklat regular dapat berjalan dengan minimal 10 orang peserta.

12.  Jika peserta mendaftarkan diri mengikuti diklat LPPI, fasilitas apa saja yang akan di dapat ?

Jika peserta mendaftar pada diklat di LPPI maka fasilitas yang akan didapatkan adalah:

a.    Training kit (Tas, Note & ATK)
b.    Training Materials (Modul & Bahan ajar)
c.    Training Certificate
d.    Lunch dan 2x Coffee Break
e.    Free Wif-fi

Kemudian, jika peserta menginap di Wisma LPPI, maka tambahan fasilitas antara lain:

a.    Kamar bertaraf hotel bintang 3
b.    Laundry
c.    Breakfast & Dinner
d.    Fitness Center & Sauna

13.  Apa keuntungan belajar di LPPI ?

-      Akan mendapat ilmu dan pengetahuan terkini mengenai dunia perbankan
-      Mendapat pelayanan fasilitas akomodasi yang menyatu di lingkungan kampus LPPI
-      Menjadi warga belajar LPPI yang tergabung dalam komunitas alumni peserta belajar. 
 

Fasilitas LPPI

14.  Apa saja fasilitas LPPI ?

-     Fasilitas Pendidikan
-     Fasilitas Asrama
-     Fasilitas Olahraga
-     Fasilitas Boga
-     Fasilitas Lain-lainnya

15.  Apa keuntungan menggunakan fasilitas LPPI ?

Keuntungan menggunakan fasilitas LPPI selain harga yang terjangkau, tempat yang nyaman dan asri, lahan parkir yang luas serta keamanan dan kebersihan yang terjaga.

16.  Apa keuntungan bagi peserta belajar yang menginap di wisma LPPI ?

Peserta dapat menggunakan seluruh fasilitas yang dimiliki oleh LPPI. Selain itu, para peserta dapat menghemat waktu untuk mencapai ruang kelas masing-masing karena letak dari keseluruhan fasilitas di LPPI yang mudah terjangkau.

17.  Apakah LPPI menyediakan tempat makan bagi peserta belajar ?

Ya. Di LPPI terdapat cafetaria yang terdiri dari tiga ruangan, seperti: executive lounge, indoor dan outdoor. Cafetaria ini mampu menampung 300-400 orang. Selain itu, terdapat mini market dan kantin di lingkungan Kampus LPPI untuk mendukung kebutuhan kuliner para peserta belajar.

18.  Apakah sudah ada standar kesehatan bagi jasa boga LPPI ?

Cafetaria LPPI sudah mendapatkan Sertifikat Ijin Penyehatan Makanan Jasa Boga yang dikeluarkan oleh Suku Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Jakarta Selatan pada tanggal 4 Agustus 2010 yang lalu.

19.  Bagaimana dengan keamanan di LPPI ?

Keamanan LPPI terdiri dari para personil keamanan yang profesional dan bekerja selama 24 jam penuh.

20.  Apakah fasilitas LPPI bisa dipakai oleh masyarakat umum ?

Ya. Masyarakat umum dapat memakai fasilitas di LPPI setelah memenuhi ketentuan dan syarat administrasi terlebih dahulu.
 

Perpustakaan LPPI

21.  Apakah perpustakaan LPPI terbuka untuk umum ?

Perpustakaan LPPI terbuka untuk umum. Disediakan sebagai sarana pendukung pendidikan yang berkaitan dengan dunia perbankan. Lebih jauh mengenai perpustakaan, silahkan klik disini.

22.  Berapa banyak koleksi perpustakaan LPPI ?

Perpustakaan memiliki koleksi lebih dari 15.000 judul koleksi meliputi topik-topik: Manajemen, perbankan, ekonomi dan keuangan, akuntansi. Selain itu, perpustakaan memiliki koleksi lain berupa kliping yang berasal dari berbagai media cetak dengan topik khusus mengenai ekonomi, keuangan dan perbankan.

23.  Jam berapa pelayanan perpustakaan LPPI ?

Senin – Jumat                  : 07.30 – 21.00 WIB
Sabtu – Minggu                : Tutup
(dan hari libur nasional)

Istirahat:
-     Pukul: 12.00 – 13.00 WIB (Senin – Kamis)
-     Pukul: 12.00 – 13.30 WIB (Jumat)
 

Majalah Stabilitas Perbankan

24.  Apakah Majalah Stabilitas Perbankan diterbitkan oleh LPPI ?

Ya. Majalah Stabilitas Perbankan diterbitkan oleh LPPI.

25.  Jika ingin berlangganan, siapa yang harus saya hubungi ?

Untuk berlangganan, anda dapat menghubungi bagian distribusi/sirkulasi Majalah Stabilitas Perbankan melalui telepon (021) 7182760, (021-7182860, Fax: (021) 7182760 atau melalui email ke: majalahstabilitas@gmail.com

26.  Tanggal berapa biasanya Majalah Stabilitas Perbankan terbit ?

Majalah Stabilitas Perbankan adalah Majalah Manajemen Risiko yang terbit setiap 1 (satu) bulan sekali. Dua hari menjelang terbit, Majalah Stabilitas Perbankan sudah ada di pasaran. Semisal di toko buku Gramedia atau toko buku Gunung Agung.