Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Laporan Keuangan Bank

07-06-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Laporan Keuangan Bank

LPPI kembali menyelenggarakan Program Pendidikan & Pelatihan Analisis Laporan Keuangan Bank, yang berlangsung secara efektif selama 2 hari kerja. Program diikuti oleh 8 partisipan yang berasal dari Bank Kalteng, Bank Sumsel Babel dan Bank SulutGo. Program secara resmi dibuka oleh Bapak Marullah Ramli, Kepala Departemen Pelatihan LPPI.

Tentang Program

Laporan keuangan memberikan gambaran ringkas mengenai konsekuensi ekonomi dari aktivitas bisnis yang dijalankan oleh Bank. Karena aktivitas bisnis terlalu banyak yang bias dilaporkan secara individual kepada pihak luar, maka system akuntansi bank berperan untuk memberikan mekanisme untuk memilih, mengukur, dan melakukan agregasu aktivitas bisnis ke dalam laporan keuangan. Para pengguna informasi laporan keuangan harus memahami bahwa laporan keuangan dipengaruhi oleh aktivitas bisnis dan system akuntansi. Alat analisis meliputi analisis terhadap strategi bank, analisis akuntansi, analisis keuangan, dan analisis forecasting. Analisis laporan keuangan merupakan proses mengevaluasi data keuangan historis bank dengan tujuan untuk membuat prediksi dan estimasi terbaik. Aspek kunci dari analisis laporan keuangan adalah memahami pengaruh system akuntansi terhadap kualitas informasi laporan keuangan yang digunakan dalam analisis. Hasil analisis ini antara lain dapat digunakan dalam pengambilan keputusan kredit, analisis investasi saham, analisis merger dan akuisisi.  

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pegawai/ staf yang berada di lingkingan bisnis perbankan agar dapat memahami secara lebih mendalam tentang karakteristik bisnis dan laporan keuangan bank ; memahami dan menganalisis laporan keuangan dan mampu mengevaluasi potensi pemberian hasil terbaik dari calon penerima penjaminan.