Berita LPPI dan Liputan

Online Learning Services - Asset & Liability Management Batch 1 PT. Bank BJB

01-07-2022
Online Learning Services - Asset & Liability Management Batch 1 PT. Bank BJB

LPPI kembali bekerjasama dengan PT. Bank BJB dalam Program Asset & Liability Management (ALMA). Program dilaksanakan selama 3 hari melalui metode Online Interaktif dan dilengkapi dengan Simulasi Pengelolaan ALMA di Bank. 

Tentang Program

Fungsi utama bank adalah menghimpun dana dan menyalurkan kembali dalam bentuk kredit, untuk mendorong pemanfaatan kelebihan dana dalam  perekonomian untuk menggerakkan kegiatan-kegiatan ekonomi. Sebagai perusahaan, bank tentunya harus mendapatkan laba yang merupakan selisih antara pendapatan bunga kredit dan biaya dana yang dihimpun. Laba yang akan diperoleh bank ditentukan oleh besarnya volume dana yang dapat dihimpun dan penentuan tingkat bunga kredit dan dana. Dalam mentukan tingkat bunga kredit dan dana, bank harus memperhatikan tingkat bunga pasar yang sangat dipengaruhi oleh kebijakan moneter pemerintah, tingkat persaingan antar bank, likuiditas pasar uang antar bank, ketersediaan dana di masayarakat dan permintaan kredit dari dunia usaha yang dipicu oleh pertumbuhan ekonomi.

Sebagai pengelolaan asset dan liabilitas (ALMA), di bank memiliki peran yang sangat penting sebagai penjaga likuiditas dan profitabilitas. ALMA memiliki peran penting dalam mengelola eksposur risiko suku bunga dan likuiditas di bank yang berada dalam kondisi makro ekonomi yang dinamis. Pengelolaan asset dan liabilitas di bank dilakukan oleh sebuah komite (Asset and Liability Committee atau ALCO) yang terdiri dari berbagai fungsi di bank, yang diwakili oleh manajer treasury, manajer kredit, dan manajer di bidang penghimpunan dana (funding). Program ini menawarkan pendekatan “high impact” dalam pelatihan ALMA, karena selain menggunalan metode interaksi 2 arah, latihan dan studi kasus, juga melalui metode simulasi, dimana peserta akan dihadapkan dengan kondisi pengelolaan asset dan liabilitas sebuah bank dengan kondisi makro ekonomi dan persaingan antar bank yang bergerak secara dinamis.