Berita LPPI dan Liputan

Pendidikan & Uji Sertifikasi Kepatuhan Level 1 Batch 1 & 2 Bank Sumsel Babel

01-07-2022
Pendidikan & Uji Sertifikasi Kepatuhan Level 1 Batch 1 & 2 Bank Sumsel Babel

LPPI dan Bank Sumsel Babel kembali bekerjasama dalam Program Pendidikan & Uji Sertifikasi Kepatuhan Level 1. Program berlangsung sebanyak 2 batch dan dilaksanakan secara tatap muka di Kampus Bumi LPPI.

Tentang Program

Seperti yang telah ketahui bahwa industri perbankan merupakan salah satu industri yang sarat dengan ketentuan (highly regulated industry). Meningkatnya kompleksitas perkembangan kegiatan usaha bank berdampak pada meningkatnya perkembangan tehnologi informasi, globalisasi dan integrasi pasar keuangan yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan eksposur risiko yang dihadapi. Kepatuhan (Compliance) Bank merupakan ketaatan Bank terhadap ketentuan atau Peraturan Bank Indonesia (BI) dan Otorias Jasa Keuangan (OJK) maupun Perundang undangan yang berlaku di bidang perbankan. Kepatuhan merupakan tanggung jawab personil seluruh bagian bank sehingga setiap jenjang/tingkatan organisasi pada seluruh kegiatan usaha bank memiliki tanggung jawab masing masing terhadap budaya kepatuhan (compliance culture). Sehubungan dengan hal tersebut sangat diperlukan standarisasi kompetensi mengenai kepatuhan (compliance) bagi seluruh  personil pada setiap jenjang organisasi suatu bank, agar seluruh SDM yang ada dapat mematuhi ketentuan yang ada baik dari regulator maupun undang undang.  

Program Kepatuhan bertujuan menyiapkan kader-kader potensial sebagai calon pemimpin bank di masa depan yang memiliki kompetensi yang baik, keahlian yang mumpuni, serta sikap yang baik dan profesional, dalam rangka mendukung upaya menciptakan industri perbankan yang sehat, yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi yang diakui.