Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Basic ALMA with Simulation Methods PT. Bank Kalteng

12-05-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Basic ALMA with Simulation Methods PT. Bank Kalteng

LPPI kembali bekerjasama dengan PT. Bank Kalteng dalam penyelenggaraan program pendidikan & pelatihan Basic ALMA with Simulation Methods. Program dilaksanakan secara komprehensif melalui metode kelasikal tatap muka selama 4 hari. Program diikuti oleh 5 peserta dari Bank Kalteng dan dibuka oleh Ibu Helda Rahmi Sina, Kepala Pelatihan LPPI. 

Tentang Program

Pengelolaan Aset dan Liabilitas di Bank memiliki peranan penting sebagai penjaga likuiditas dan profitabilitas. ALMA memiliki peranan penting dalam mengelola eksposur risiko suku bunga dan likuiditas di bank yang berada dalam kondisi makro ekonomi yang dinamis. Pengelolaan aset dan liabilitas di bank dilakukan oleh ALCO (Asset & Liability Committe), yang terdiri atas berbagai fungsi di bank, diwakili oleh Manajer Treasury, Manajer Kredit, dan Manajer Penghimpuna Dana (Funding). Program ALMA with Simulation Methods menawarkan pendekatan high impact dalam pelatihan ALMA. Karena selain menggunakan metode interaksi 2 arah, latihan dan studi kasus, juga melalui metode simulasi, dimana peserta akan dihadapkan dengan kondisi pengelolaan aset dan liabilitas sebuah bank dengan kondisi makro ekonomi dan persaingan antar bank yang bergerak secara dinamis.  

Tujuan Program Program ini disusun dengan tujuan agar peserta memahami dengan baik langkah-langkah dalam mengelola aset dan liabilitas bank, dalam rangka menjaga likuiditas dan profitabilitas bank dengan tujuan akhir meningkatkan nilai shareholder.