Berita LPPI dan Liputan

Program Pendidikan & Pelatihan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan PT. Bank Sultra Tahun 2022

11-11-2022
Program Pendidikan & Pelatihan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan PT. Bank Sultra Tahun 2022

LPPI bekerjasama dengan Bank Sultra dalam rangka pelaksanaan Program Pendidikan & Pelatihan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan untuk Tahun 2022. Program dilaksanakan secara komprehensif selama 2 hari kerja melalui metode klasikal tatap muka di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Program dibuka dan disambut secara resmi oleh Bapak Ronald Siahaan, Direktur Umum PT. Bank Sultra

Tentang Program

Komitmen Indonesia untuk mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) yang terdiri dari 17 goals. Goals tersebut dijabarkan lebih lanjut dalam 169 indikator dan Indonesia menetapkan 67 target indikator pencapaian yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Perpres SDGs). Pemerintah Republik Indonesia berkomitmen melaksanakan agenda Sustainable Development Goals (SDGs) dengan mengintegrasikan 169 indikator SDGs ke dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 2020-2024.

Berdasarkan komitmen tersebut dan Paris Agreement 2015, Indonesia mempunyai Roadmap Keuangan Berkelanjutan (2014 – 2019), dan POJK No. 51/ POJK.03/ 2017 tentang penerapan keuangan berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Emiten, dan Perusahaan Publik. Dalam pembahasan POJK tersebut disampaikan tentang penerapan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan, RAKB (Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan) dan prioritasnya, Laporan Keberlanjutan, serta TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Hidup).