Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, December 13, 2016
Program LPPI tahun 2017 didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan...
KIPRAH
Friday, August 19, 2016
Dalam sambutannya pada upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17...
LIPUTAN KEGIATAN
Monday, March 27, 2017
Selama satu hari, tanggal 27 Maret 2017, dua BPR yaitu...
Friday, March 24, 2017
Sebanyak 30 orang pegawai BPR dari 12 BPR berbagai daerah...
Wednesday, March 22, 2017
Penyaluran kredit merupakan aktivitas bisnis guna memperoleh pendapatan yang positif...
Wednesday, August 31, 2016
Seiring dengan pelaksanaan pelatihan dasar-dasar audit dan audit teknologi informasi...
 
Dari Redaksi
Thursday, June 16, 2016 | Admin

Pembaca yang budiman. Perubahan yang terjadi lingkungan ekonomi akhir-akhir ini terasa begitu cepat hingga memaksa pelaku industri perbankan untuk juga menyesuaikan produk dan jasanya dengan perubahan itu. Sebut saja soal digitalisasi dan juga financial technology. Namun alih-alih menjadikannya sebagai tantangan, kondisi ini lebih baik dipertimbangkan sebagai peluang. Sehingga boleh dibilang sektor perbankan menghadapi peluang yang dahsyat dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Oleh karena itu, seperti dikatakan oleh banyak pengamat, pada periode ini istilah ‘the survival of the nimblest (gesit)’ lebih bergaung. Bank-bank harus lebih gesit lagi merespons perubahan ekonomi seperti ekonomi digital dan juga teknologi keuangan (fintech) yang saat ini tengah berkibar. Ditambah lagi dengan isu-isu lingkungan dan juga pengetatan aturan dari bank sentral, menambah tantangan bank untuk bisa menjadi pemenang dalam persaingan industri.

Bahkan untuk isu digital banking, di Eropa dan AS sudah membuat bank-bank mengurangi kantor cabang mereka, dan beberapa bank 100 persen digital sudah muncul.

Nah, Majalah Stabilitas akan mengupas laporan utama dengan tema terkait perkembangan teknologi yang memaksa bank berbenah. Bagaimana respons bank-bank nasional menjawab tantangan perkembangan ekonomi dan teknologi masa kini menjadi isu utama yang akan kami tulis.

Dalam tulisan awal akan dibahas secara garis besar, perkembangan-perkembangan dunia yang telah mengubah cara bank menghadapi bisnis. Akan kami kupas perubahan apa saja yang telah mengubah wajah bank di dunia dan di Indonesia dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Selanjutnya tulisan akan menyajikan strategi bank-bank di Indonesia menghadapi perubahan teknologi saat ini dengan menyesuaikan layanannya dan produknya. Dalam tulisan ini kami mengambil contoh strategi BRI yang membeli satelit untuk mengahdapi persaingan. Manfaat satelit untuk BRI dalam memenangkan persaingan akan menjadi pembahasan utama.

Pada tulisan berikutnya kami akan sajikan fenomena kemunculan praktik fintech dan pengaruhnya pada operasional perbankan. Apakah praktik fintech itu dan bagaimana bank merespons hal ini akan menjadi bagian penting dari tulisan. Kami juga mengambil contoh bagaiman bank besar seperti Bank Mandiri dalam menghadapi fenomena itu.

Pembaca yang budiman.  Selain itu kami juga akan menyajikan respons otoritas terhadap kemunculan praktik baru dalam berbank. Last but least kami akan sajikan bagaiman kondisi sektor keuangan di Amerika Serikat dalam menanggapi era digital seperti saat ini.

Selain pada laporan utama, kami juga akan tetap memberikan sajian istimewa untuk Anda baca pada rubrik-rubrik tetap lainnya. Tentunya dengan bingkai manajemen risiko seperti yang selama ini kami lakukan. Harapan kami, tulisan-tulisan tersebut selalu membuka cakrawala dan sekaligus menginspirasi Anda semua dalam menerapkan manajemen risiko di perusahaan Anda.

Selamat membaca.

 

Informasi Berlangganan:

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI)
Jl. Kemang Raya No. 35
Jakarta Selatan 12730
Telp: 021 – 7182860, 7182760
Fax: 021 – 7182760
Email: redaksi@stabilitas.co.id
iklan@stabilitas.co.idsirkulasi@stabilitas.co.id
Website: www.stabilitas.co.id

 
Artikel Lainnya:

Comment(s)
No Comment

Reply
Name*
Email
Comment*
Confirmation*
Enter code above :

If you can't read code, click
  
*Field Required