Center For Sustainable Finance Knowledge

Pembentukan LPPI sebagai Center for Sustainable Finance Knowledge (CSFK) tidak terlepas dari
UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Sustainable Development Goals (SDGs) dan
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 51/ POJK. 03/ 2017 tentang Penerapan
Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik. 

Dalam rangka mendukung UU, SDGs dan POJK tersebut, LPPI
berinisiatif untuk menyediakan program Training, Konsultansi dan Riset di bidang keuangan berkelanjutan.

Detail lengkap program dapat diunduh disini

Detail

Peresmian LPPI Menjadi Center For Sustainable Finance Knowledge

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia resmi didaulat menjadi Center For Sustainable Finance Knowledge dalam acara yang berlangsung di Hotel Pullman Jakarta, Selasa 2 April 2019.  Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri PPN / Kepala Badan Perencanaan Pembangungan Nasional (Bappenas) Prof. Dr. Bambang P.S Brodjonegoro dan Direktur Utama LPPI Hartadi A. Sarwono. Dalam pidatonya yang berjudul "SDG's dan Pembiayaan Pembangunan Berkelanjutan" Prof. Dr. Bambang P.S Brodjonegoro berharap dukungan  LPPI dalam pengembangan sumber daya manusia dan juga pemunculan ide-ide baru untuk membantu pemerintah dalam mencari sumber pembiayaan pembangunan berkelanjutan yang inovatif.

Detail

Seminar Sustainable Finance Awareness CIMB Niaga

Dalam rangka mensukseskan penerapan POJK No. 51/POJK.03/2017 tentang Keuangan Berkelanjutan, LPPI bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga menyelenggarakan Halfday Seminar Sustainable Finance Awareness bagi Nasabah Korporasi dan seluruh jajaran pimpinan Bank CIMB Niaga pada Kamis, 2 Mei 2019 di Graha Niaga, Jl. Jenderal Sudirman Jakarta Selatan. Seminar ini dimoderatori oleh Bapak Mulya E. Siregar (Staf Ahli Direksi LPPI dan saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Syariah Mandiri). Hadir sebagai pembicara dalan seminar ini adalah Deputi Komisioner OJK (Bapak Imansyah), Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pendanaan Pembangunan Bappenas (Ibu Teny Widuriyanti), Kabag Hukum dan Kerja Sama Teknik Setditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (Ibu Fitri Harwati), Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Program & Fakulti LPPI (Bapak Lando Simatupang), Pakar SF WWF Indonesia (Ibu Mariska Adeline Sukmajaya), Pakar SF dari Universitas Gadjah Mada (Ibu Poppy Ismalina) dan dari Universitas Trisakti (Ibu Juniati Gunawan).

Detail

Sharing Session Green Bond

 

Sebagai bentuk aktualisasi LPPI sebagai Center for Sustainable Finance Knowledge, pada hari Senin 27 Mei 2019 LPPI kembali mengadakan sharing session dengan tema green bond bertempat di Audiotrium Rachmat Saleh. Acara ini dimoderatori oleh Bapak Krisna Wijaya selaku direktur LPPI dengan 2 narasumber, yaitu Bapak Haru Koesmahargyo (Direktur Keuangan Bank BRI) dan Mulya E. Siregar (Staf Ahli Direksi).

Peserta dalam sharing session kali ini bukan hanya berasal dari bank saja namun juga dari regulator bank dan jasa keuangan non bank. Di penghujung acara, LPPI dalam rangka mendukung UU, SDGs dan POJK mengenai keuangan berkelanjutan menyediakan program Training, Konsultansi dan Riset di bidang tersebut. Acara ini disponsori oleh Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI.

Detail