Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, December 13, 2016
Program LPPI tahun 2017 didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan...
KIPRAH
Friday, August 19, 2016
Dalam sambutannya pada upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17...
LIPUTAN KEGIATAN
Monday, March 27, 2017
Selama satu hari, tanggal 27 Maret 2017, dua BPR yaitu...
Friday, March 24, 2017
Sebanyak 30 orang pegawai BPR dari 12 BPR berbagai daerah...
Wednesday, March 22, 2017
Penyaluran kredit merupakan aktivitas bisnis guna memperoleh pendapatan yang positif...
Wednesday, August 31, 2016
Seiring dengan pelaksanaan pelatihan dasar-dasar audit dan audit teknologi informasi...
 
DARI KAMI
55 Tahun Menjadi Mitra Perbankan dan Jasa Keuangan

Assalamualaikum, Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. 

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkah dan rahmatnya kami dapat memperingati HUT ke-55 LPPI yang jatuh pada tanggal 18 Desember 2013. Merupakan sebuah perjalanan waktu yang cukup panjang bagi kami sebagai lembaga pendidikan dan pengembangan perbankan dan jasa keuangan untuk sampai pada saat ini. 

Sedikit kilas balik dari lahirnya LPPI 55 tahun yang lalu, adalah bermula dari adanya keinginan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang perbankan dan untuk meningkatkan jumlah serta kegiatan-kegiatan bank baik pemerintah maupun swasta. Berkat dukungan bank-bank baik bank pemerintah dan swasta, maka pada tanggal 18 Desember 1958 lahirlah Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia – LPPI. Nama LPPI sendiri telah mengalami beberapa kali perubahan sesuai dengan perkembangan pada jamannya. Tetapi tidak mengurangi esensi utama atau ruh dari pembentukannya, yaitu menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan yang terpercaya guna memenuhi tenaga profesional perbankan dan jasa keuangan.  

Mencapai usianya yang ke-55, telah tercatat lika-liku perjalanan LPPI. Merujuk pada catatan organisasi 5 tahun terakhir, sejak tahun 2007 tercatat pertumbuhan jumlah peserta pendidikan sekitar 20% setiap tahunnya. Pada tahun 2012 tercapai angka 8.125 peserta pendidikan di LPPI. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, terjadi pula peningkatan kesejahteraan pegawai dengan terjadinya kenaikan sebesar dua kali lipat pada saat ini dibandingkan tahun 2007. 

Hal ini terjadi karena LPPI –dalam hal ini seluruh organ didalam tubuh LPPI- bersatu padu menggerakkan roda organisasi secara lebih terarah dengan penguatan internal organisasi baik SDM maupun infrastruktur yang kami miliki. Penguatan internal organisasi yakni dengan menjadikan LPPI sebagai learning organization. Menjadikan diri kami sebagai pegawai yang terdidik, memiliki jiwa pembelajar dan kemampuan mengorganisir diri dan lingkungan melalui etos dan budaya kerja KIPRAH, kebijakan mutu GESIT dan spirit/semangat no error no delay. Sedangkan penguatan infrastruktur melalui pembenahan dan pemeliharaan secara berkelanjutan fasilitas yang kami miliki -termasuk didalamnya fasilitas pendidikan yang lengkap, fasilitas asrama yang nyaman, fasilitas jasa boga yang sehat, dan fasilitas pendukung lain yang melengkapi kebutuhan dan keinginan peserta didik LPPI. 

Menjaga hubungan eksternal dengan seluruh mitra kami, pun menjadi prioritas kami. Menjadi kewajiban bagi kami untuk mampu menjawab tantangan global di bidang pendidikan dan pengembangan untuk industri perbankan dan jasa keuangan. Pada visi LPPI secara jelas tersurat keinginan kami menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN. Peningkatan kualitas SDM perbankan dan jasa keuangan melalui pengetahuan, keterampilan dan sikap (knowledge, skill dan attitude) akan terus kami upayakan demi kesiapan menghadapi perubahan dan perkembangan ekonomi dan keuangan baik skala nasional maupun global dan dinamika perubahannya. 

Tahun 2014 mendatang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan beroperasi penuh. Pengawasan dan pengaturan industri perbankan, industri jasa keuangan non bank, dan pasar modal berada di bawah kendali OJK. Perubahan ini membawa dampak pada output program kerja LPPI. Jika sebelumnya LPPI lebih berkonsentrasi pada industri perbankan, maka untuk tahun-tahun selanjutnya, LPPI memperluas program kerjanya kepada pengembangan dan pendidikan SDM industri jasa keuangan non bank. Termasuk didalamnya penyusunan program-program pendidikan, konsultansi, dan riset yang meliputi tidak saja industri perbankan, namun juga industri keuangan non bank dan pasar modal. Hal ini dikarenakan LPPI merupakan mitra kerja OJK dalam bidang pengembangan SDM perbankan dan industri keuangan non bank. Untuk mendukung pencapaian ini, kami telah mengukuhkan Bpk. DR. Darmin Nasution sebagai Honorable Faculty LPPI. Pengalamannya dibidang perbankan, industri keuangan non bank dan pasar modal akan sangat menunjang program kami di masa mendatang. Pengalamannya sebagai Dirjen Lembaga Keuangan, Kepala Bapepam-LK, Dirjen Pajak, dan Gubernur Bank Indonesia akan memberi banyak wacana terkait isu-isu tersebut. 

Pada tahun 2015, Indonesia akan memasuki ASEAN Economic Community (AEC). Artinya Indonesia menjadi bagian dari satu pasar yang lebih besar bersama-sama dengan sembilan negara anggota ASEAN lainnya dan akan menjadi pasar terbuka bagi pelaku bisnis global. Ini menjadi pe er bagi LPPI sebagai lembaga yang sangat peduli terhadap perkembangan SDM perbankan dan jasa keuangan karena akan terjadi free flow of skilled labour atau arus bebas tenaga kerja profesional. Siapkah SDM perbankan dan jasa keuangan untuk bersaing? 

LPPI melihat AEC sebagai peluang sekaligus tantangan. Menjadi peluang ketika SDM profesional perbankan dan jasa keuangan mampu bersaing dengan SDM negara-negara tetangga. Menjadi tantangan bagi LPPI untuk turut mempersiapkan SDM Indonesia menjadi SDM unggul yang mampu bersaing dengan SDM dari negara lain dan menjadi SDM yang siap menjadi the first line of defense dalam menghadapi krisis mendatang. Untuk itulah LPPI akan berperan aktif bahu membahu dengan OJK dan Bank Indonesia untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan, desiminasi dan pemahaman terhadap ketentuan, serta menyediakan jasa konsultasi guna mempersiapkan tenaga terampil dan manajerial profesional yang dibutuhkan industri keuangan kita. Dalam hal ini LPPI akan terus mengembangkan kemampuan dan kapasitasnya untuk menjadi training provider sehingga secara optimal dapat melayani kebutuhan perbankan dan jasa keuangan dengan lebih baik lagi. 

Bagi LPPI tantangan ini harus dapat dijawab. Dengan tema HUT tahun ini yaitu sukses menjadi mitra perbankan dan jasa keuangan menjadi motivasi kami dalam mencapai visi dan misi lembaga. Semoga dengan dukungan segenap pihak yakni internal LPPI dan mitra LPPI, kami mampu mencapai cita-cita kami. 

Selamat ulang tahun LPPI. Terus maju dan mencapai sukses menjadi mitra perbankan dan jasa keuangan.

 

Wassalam.

Dr. Hartadi A. Sarwono

Direktur Utama LPPI