Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, December 13, 2016
Program LPPI tahun 2017 didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan...
KIPRAH
Friday, August 19, 2016
Dalam sambutannya pada upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17...
LIPUTAN KEGIATAN
Monday, March 27, 2017
Selama satu hari, tanggal 27 Maret 2017, dua BPR yaitu...
Friday, March 24, 2017
Sebanyak 30 orang pegawai BPR dari 12 BPR berbagai daerah...
Wednesday, March 22, 2017
Penyaluran kredit merupakan aktivitas bisnis guna memperoleh pendapatan yang positif...
Wednesday, August 31, 2016
Seiring dengan pelaksanaan pelatihan dasar-dasar audit dan audit teknologi informasi...
 
DARI KAMI
LPPI sebagai Center for Leadership and Ethics

Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Menghadapi persaingan bisnis di industri perbankan baik di tingkat nasional maupun internasional, asosiasi perbankan, Bank Indonesia, dan pemerintah telah mempersiapkan standarisasi kompetensi profesi bankir. Standarisasi ini dimaksudkan agar eksistensi dan kelangsungan bank dan bankir Indonesia siap untuk menghadapi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) dalam tahun 2020. Ini ditujukan untuk mengantisipasi kemungkinan perubahan lingkungan usaha yang, apabila tidak terantisipasi dengan baik, dampaknya dapat meluas dan menganggu bukan hanya stabilitas sistem keuangan tetapi juga sistem pertahanan negara.

Bankir Indonesia yang andal harus mempunyai leadership yang tinggi dan mampu mengelola risiko sehingga dapat merencanakan dan menjalankan program transformasi atau turn around strategy dengan baik. Namun, tidak cukup sampai di sini. Pengalaman selama ini membuktikan bahwa peningkatan profesionalisme dalam mengelola berbagai usaha bank harus disertai dengan peningkatan integritas dan tata kelola yang baik.

LPPI sebagai lembaga pendidikan dan pengembangan perbankan menyadari betul hal ini. Oleh sebab itu, setiap program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan LPPI mengedepankan pentingnya good corporate governance (GCG) sebagai landasan bagi leadership dan ethics.

Atas dasar keinginan kuat untuk meningkatkan kualitas SDM perbankan dan jasa keuangan, pada hari Sabtu, 24 Mei 2014, LPPI membakukan kesepakatan dan tekad menjadikan LPPI sebagai center for leadership and ethics untuk para bankir. Hal ini tidak lepas dari cita-cita besar LPPI yang tertuang dalam visi dan misi LPPI, yakni menjadi lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan yang terpercaya dan terkemuka di ASEAN melalui dua misi, yakni 1) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia perbankan dan jasa keuangan melalui pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta mendukung pengembangan industri perbankan yang sehat dan berkualitas dan 2) Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perbankan, bank sentral, dan jasa keuangan lainnya guna mendukung pengembangan industri perbankan dan jasa keuangan.

Prasasti LPPI telah ditandatangani oleh Menteri Pertahanan RI, Gubernur Bank Indonesia, dan Direktur Utama LPPI. Diharapkan, dengan leadership dan ethics yang kuat LPPI dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan perbankan yang merupakan salah satu unsur penting dalam ketahanan ekonomi negara.

Prasasti ini menandakan bahwa program-program pendidikan dan pelatihan LPPI yang ditawarkan kepada mitranya selalu mengandung muatan GCG dan ethics sebab peningkatan kemampuan profesionalisme dalam mengelola bank beserta risikonya harus disertai dengan peningkatan integritas dan tata kelola yang baik.

LPPI sampai saat ini memiliki beberapa fakulti senior yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang sudah diakui di negeri ini pada bidang leadership dan ethics. Untuk memudahkan bank-bank dalam memberikan pendidikan kepada para bankirnya, semua program diklat LPPI dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bank baik dari segi waktu maupun lokasi selama tidak mengurangi esensi pelatihan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar ketiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dapat diperoleh peserta diklat.

Wassalam,

Hartadi A. Sarwono
Direktur Utama