Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


JADWAL DIKLAT
Tuesday, December 13, 2016
Program LPPI tahun 2017 didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan...
KIPRAH
Friday, August 19, 2016
Dalam sambutannya pada upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17...
LIPUTAN KEGIATAN
Monday, March 27, 2017
Selama satu hari, tanggal 27 Maret 2017, dua BPR yaitu...
Friday, March 24, 2017
Sebanyak 30 orang pegawai BPR dari 12 BPR berbagai daerah...
Wednesday, March 22, 2017
Penyaluran kredit merupakan aktivitas bisnis guna memperoleh pendapatan yang positif...
Wednesday, August 31, 2016
Seiring dengan pelaksanaan pelatihan dasar-dasar audit dan audit teknologi informasi...
 
DARI KAMI
Rekrutmen SDM Perbankan dan Jasa Keuangan

Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh organisasi tersebut. Kinerja SDM yang tinggi dapat diwujudkan melalui sebuah proses perencanaan, pendayagunaan, dan pengembangan SDM yang baik, teratur, konsisten, dan berkelanjutan serta selalu sesuai dengan perkembangan lingkungan bisnis baik internal mapun eksternal.

Bank sebagai industri jasa penggerak perekonomian yang berlandaskan kepercayaan telah menempatkan SDM sebagai garda utama penunjang keberhasilan organisasi. Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka membentuk kinerja SDM yang unggul, proses perencanaan dimulai dengan penjaringan potensi-potensi SDM unggulan. Penyusunan kriteria sampai dengan proses seleksi dilakukan secara terencana, komprehensif, dan independen guna memperoleh hasil yang optimal sesuai dengan kebutuhan bank. Hal ini tentunya membutuhkan tanggung jawab yang besar dan keahlian yang spesifik. Pada pelaksanaannya bank biasanya bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai konsultan ahli.

LPPI sebagai lembaga pengembangan perbankan dan jasa keuangan berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas SDM perbankan dan jasa keuangan melalui pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta mendukung pengembangan industri jasa keuangan yang sehat dan berkualitas. Peningkatan kualitas SDM perbankan dan jasa keuangan ini diberikan melalui bentuk jasa assessment dan rekrutmen. Baik dalam pelaksanaan rekrutmen maupun assessment bank dan/atau lembaga keuangan nonbank (LKNB) akan menghadapi intervensi baik internal maupun eksternal serta risiko reputasi. LPPI sebagai lembaga profesional dan independen siap mengambil alih peranan dan risiko tersebut sehingga manajemen bank dan/atau LKNB dapat lebih berkonsentrasi pada pengembangan bisnis.

Sebagai lembaga pengembangan yang telah berpengalaman lebih dari 58 tahun, LPPI telah menghasilkan lulusan-lulusan SDM unggulan yang menduduki jabatan strategis pada industri perbankan dan jasa keuangan. Proses tersebut tentunya tidak terlepas dari jalinan kerja sama yang baik antara LPPI dan industri perbankan serta jasa keuangan, dimulai dari tahapan paling awal, yaitu proses seleksi rekrutmen pegawai, program pendidikan berjenjang, sampai dengan assessment terhadap calon-calon pegawai untuk mengisi jabatan manajemen puncak.

Pada saat ini LPPI memberikan jasa assessment dan rekrutmen yang secara garis besar terbagi dalam tiga tahapan.

Pada tahapan pertama, yaitu desain rekrutmen, LPPI melakukan screening awal dan identifikasi kebutuhan penerimaan berdasarkan lowongan posisi/jabatan dan perkiraan jumlah SDM yang dibutuhkan. Proses ini tentunya disesuaikan dengan beberapa kriteria khusus yang ditentukan oleh pelanggan sesuai dengan uraian tugas masing-masing posisi/jabatan dan budaya perusahaan.

Tahapan kedua, yaitu pelaksanaan, dimulai dari:
(1) Pengumuman lowongan pekerjaan melalui media masa, website LPPI dan bank yang bersangkutan, dan kerja sama dengan situs pencari kerja.
(2) Calon pelamar mendaftarkan diri secara online. Calon pelamar yang memenuhi persyaratan akan diumumkan melalui website LPPI dan media lainnya.
(3) Appearance Test dan verifikasi dokumen.
(4) Tes Pengetahuan Umum Perbankan dan Bahasa Inggris di lokasi yang telah ditentukan.
(5) Peserta yang lulus dapat mengikuti tes selanjutnya, yaitu Tes Potensi Akademik dan TOEFL/TOEIC (bagi peserta fresh graduate).
(6) Tes Psikologi.
(7) Wawancara akhir.

Tahapan ketiga terdiri dari pelaporan rekomendasi dan uji kelayakan kandidat. Ini merupakan keluaran dari proses rekrutmen dalam bentuk rekomendasi calon pegawai. Peserta tes yang lulus dan direkomendasi akan mengikuti proses administrasi kepegawaian sesuai dengan aturan yang berlaku di bank.

Pada setiap tahapan tersebut tentunya LPPI didukung oleh SDM yang berkualitas dan infrastruktur yang memadai. Dalam hal ini, LPPI sangat memegang teguh dan menjunjung tinggi etika dan integritas sehingga kerahasiaan informasi baik yang berkenaan dengan mitra maupun peserta rekrutmen senantiasa terjaga. Dengan demikian, proses penjaringan SDM yang unggul dapat terlaksana dengan baik sehingga pada akhirnya akan berdampak positif terhadap keberhasilan organisasi. 

Wassalam, 

I. Supomo
Direktur LPPI