Home Tentang Kami Hubungi Kami Links FAQ Forum
Follow Us


Uji Kompetensi Bidang Manajemen Risiko

ESENSI PROGRAM

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/25/2005 tentang Sertifikasi Manajemen Risiko bagi Pengurus dan Pejabat Bank Umum, Bank Indonesia menetapkan bahwa sumber daya manusia perbankan harus memiliki sertifikasi manajemen risiko, sesuai dengan jenjangnya. Adapun tujuan program ini adalah agar setiap karyawan bank memahami ragam risiko yang melekat pada bisnis bank atau unit kerja, sehingga mitigasinya dapat dijalankan secara efisien dan efektif. Oleh karena itu, bank perlu mengembangkan berbagai metodologi untuk mengelola ragam risiko bank sehingga profitabilitas bank meningkat dan stabil untuk keberlangsungan jangka panjang.

MANFAAT

Setelah mengukuti program pelatihan ini, peserta mampu meningkatkan praktek tata kelola usaha yang baik dan melaksanakan fungsi manajemen yang meliputi identifikasi, pengukuran, pemantauan, dan pengendalian risiko.

ESENSI MATERI

Karakteristik risiko dan regulasi perbankan, evolusi manajemen risiko dan regulasi perbankan, perkembangan pengawasan berbasis risiko, karakteristik risiko pasar dan risiko treasury, karakteristik risiko kredit, karakteristik risiko operasional, pengantar supervisory review, tata kelola perusaqhaan (corporate governance), dan kerangka kerja regulasi di Indonesia.

METODE

Pelatihan yang dilakukan adalah ceramah, diskusi kasus-kasus perbankan kontekstual di Indonesia, dan latihan soal ujian yang dikonstruksi dari soal ujian yang pernah diujikan dan soal yang dikonstruksi oleh Tim LPPI.

PESERTA YANG DISARANKAN

Para peserta yang akan mengikuti sertifikasi bidang manajemen risiko sesuai dengan tingkatan (level).

FASILITATOR

Certified trainersdari LPPI dan atau industri perbankan.